Nunukan

Alasan Lupa Hingga Tidak Nyaman, Masyarakat Tak Memakai Masker

Sosialisasi protokol kesehatan yang dilakukan tim gabungan di Nunukan. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nunukan bersama TNI dan Polri gencar melaksanakan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Di lapangan, masih banyak ditemukan warga yang tidak memakai masker. Mereka beralasan karena lupa, tidak punya masker hingga merasa tidak nyaman saat memakai masker.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Nunukan, Rohadi mengatakan, sosialisasi dilaksanakan secara umum kepada seluruh masyarakat, tetapi tahap awal adalah tempat yang berpotensi terjadi kerumunan.

Lokasi prioritas seperti pasar, pusat perbelanjaan, kafe atau restoran, kegiatan usaha rumput laut dan tempat lainnya yang memungkinkan terjadi kerumunan masyarakat.

“Untuk alasan tidak memakai masker berbagai macam, ada yang lupa, ada yang tidak punya, bahkan ada yang mengatakan tidak nyaman memakai masker,” ujar Rohadi, Rabu (23/9/2020).

Rohadi menekankan, sosialisasi yang dilaksanakan, tujuannya untuk saling mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kesehatan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Masyarakat diimbau untuk taat protokol kesehatan, seperti yang harus dilakukan adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Diketahui, sampai dengan hari ini Rabu (23/9/2020), jumlah akumulasi kasus Covid-19 mencapai 57 orang yang dinyatakan positif. Dari jumlah itu, 52 pasien sudah dinyatakan sembuh dan lima pasien masih menjalani perawatan dan isolasi.

Tiga pasien menjalani isolasi di RSUD Nunukan, sedangkan dua pasien lainnya menjalani karantina di rumah masing-masing. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah