Nunukan

Akhirnya, 7 Desa di Daratan Kalimantan Nunukan Menikmati Aliran Listrik

Pengaktifan perdana meteran listrik di rumah warga. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya ratusan warga di tujuh desa di daratan Kalimantan, khususnya Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Sembakung, menikmati aliran listrik dari PT PLN.

Tujuh desa tersebut, di antaranya lima di Kecamatan Sebuku, yaitu Desa Tetaban, Melasu Baru, Bebanas, Lulu dan Sujau. Sisanya, dua desa di Kecamatan Sembakung, yaitu Desa Tujung dan Manuk Bungkul.

Camat Sebuku, Rudiansyah mengatakan, selama ini masyarakat sempat mengeluh karena desa mereka belum dialiri listrik, padahal tiang listrik PLN sudah berdiri dan berjejer dipinggir jalan dan sebagian rumah sudah terpasang meteran.

Karena waktu itu, kemampuan daya dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) milik PLN tidak mampu untuk mensuplai listrik di desa tersebut. Setelah ditambah mesin, baru hari Jumat (22/5/2020) kemarin, masyarakat di tujuh desa langsung merasakan terang benderang.

“Saya, bersama petugas PLN dan kepala desa mengaktifkan meteran listrik. Lampu di lima desa sudah menyala,” ujarnya, Sabtu (23/5/2020).

Ia mengatakan, dengan dialirinya listrik di lima desa tersebut, maka saat ini di Sebuku sudah ada 10 desa yang mendapatkan pelayanan listrik dari PLN. Lima desa yang lebih dulu, yakni Desa Pembeliangan, Apas, Kekayap, Kunyit dan Harapan. Tentu ini semua, tidak lepas dari dukungan pemerintah, PLN dan lainnya serta masyarakat yang rela menebang ratusan pohon kelapa sawit yang menggangu jaringan.

“Dukungan masyarakat kurang lebih 200 pohon di tebang. Mereka rela ditebang tanpa ganti rugi, mereka menebangnya bergotong royong. Mereka menyambut gembira karena ada sekitar 600 rumah teraliri listrik termasuk fasilitas umum, rumah ibadah dan kantor,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah