Ekonomi Bisnis

Akhir Tahun, SPBE Juata Tarakan Ditarget Mulai Beroperasi

Pengisian gas elpiji di SPBE Balikpapan. (Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Selama ini pengisian bulk elpiji 3 kilogram untuk masyarakat yang berada di Kalimantan Utara dilakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Namun pada akhir 2020 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) Juata yang ada di Tarakan ditargetkan bisa beroperasi, sehingga dapat melayani kebutuhan elpiji 3 kilogram di Tarakan maupun Nunukan.

Sales Branch Manager Rayon V Depo Pertamina Tarakan, M. Abdilah Rorke mengatakan, pembangunan SPBE Juata dalam tahap finishing dan pengecekan tahap akhir.

Dia mengakui proses pengerjaan membutuhkan waktu, apalagi selama ini proses koordinasi dilakukan melalui virtual.

“SPBE Juata ini nantinya memang untuk suplai elpiji 3 kilogram khusus di Tarakan dan juga Kabupaten Nunukan. Jadi setelah beroperasi akan mengkaver dua daerah ini,” katanya kepada Koran Kaltara, Selasa (8/9/2020).

Dia menjelaskan, untuk kapasitasnya cukup besar, yaitu 450 metrik ton atau setara dengan 450 ribu kilogram. Dengan beroperasinya SPBE Juata ini, maka nanti pengisian ulang tidak perlu lagi kirim tabung ke Balikpapan.

Kemudian dalam sehari, SPBE Juata ini nantinya akan mampu mengisi 20 ribu tabung gas elpiji 3 kilogram.

Selama ini pendistribusian gas elpiji 3 kilogram masih disuplai dari SPBE yang ada di Balikpapan sehingga dibutuhkan pengiriman melalui kapal laut.

Saat terjadi cuaca buruk akan mempengaruhi suplai karena mengganggu distribusi yang berdampak pada ketersediaan di pangkalan.

Abdilah menegaskan, meskipun SPBE sudah berada di Tarakan, namun tidak akan mempengaruhi besaran Harga Eceran Tertinggi (HET), karena ongkos angkut laut bukan menjadi salah satu penghitungan HET, kecuali untuk transportasi darat dari agen ke pangkalan.

“Kita sebenarnya target akhir tahun (beroperasi), tetapi saya belum berani ngomong bulannya karena dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Takutnya saya ngomong bulan ini terus mundur karena proses saat ini masih dilakukan. Kita kejar (rampung) sampai akhir tahun 2020,” ucapnya.

SPBE Juata nanti akan dioperasikan oleh pihak ketiga, yaitu PT. Kayan Central Pratama dan SDM (sumber daya manusia) yang akan mengoperasikan sedang dalam proses pembelajaran, terutama mengenai keselamatan dan keamanan.

“Untuk SDM saat ini sedang menjalani pelatihan. Setelah itu akan ada pengecekan akhir dari kita. Untuk jumlah SDM saya tidak ada notifikasi karena tergantung dari kebutuhan. Ini nantinya bukan Pertamina yang akan mengoperasikan, melainkan pihak ketiga yaitu PT. Kayan Central Pratama,” pungkasnya. (*)

Reperter: Sofyan Ali Mustofa
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah