Advertorial

Akan Ada Himah di Balik Musibah Covid-19

Wali Kota Tarakan, Khairul saat menjadi khatib Iduladha di Islamic Center. (Foto : HUMPRO Tarakan)

TARAKAN – Pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) merupakan musibah yang diturunkan Allah SWT kepada hambanya dengan tujuan untuk memberi peringatan serta supaya umat manusia kembali kepada ajaran agama Islam.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tarakan, Khairul saat menjadi khatib salat Iduladha 1441 hijriah di masjid Baitul Izzah, Jumat (31/7) lalu.

“Nanti akan menjadi langkah awal kita menjalani kehidupan yang salih dan penuh keberkahan, seperti tercermin dalam perjalanan ibadah nabi Ibrahim dan putranya. Lebih 4 bulan sejak ditetapkanya darurat Covid-19, kita merasakan keprihatinan yang luar biasa atas apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Kegiatan dibatasi ekonomi, pergaulan bahkan ibadah dalam suasana keterbatasan. Tetapi kita harus yakin dalam ajaran Islam diajarkan bahwa salam setiap musibah ada hikmah yang tercermin didalamnya,” terangnya.

Dalam menghadapi wabah yang melanda dunia, meskipun dirasa tidak menyenangkan atau dirasa buruk, tetapi optimisme akan muncul bersama dengan harapan yang baik yang akan kita dapatkan bila kita tetap bersabar dalam menghadapi musibah ini.

“Setiap musibah adalah peringatan kepada manusia supaya kembali kepadaNya. Musibah ini hendaknya semakin mempertebal keyakinan kepada Allah, yang kedua manusia hendaknya semakin menyadari bahwa setelah kehidupan dunia masih ada lagi kehidupan di akhirat,” ucap Khairul.

Untuk itu, Khairul mengajak semua umat untuk memanfaatkan Iduladha sebagai momentum untuk membantu warga terdampak Covid-19, kedekatan hati dengan keluarga yang selama ini mungkin terpisahkan oleh kesibukan aktivitas mencari nafkah, saatnya untuk kembali bercengkrama lagi. Mudah-mudahan dengan Covid-19 mampu membangun keluarga yang kuat karena keluarga tiang kokoh masyarakat dan tiang kokohnya negara ini.

“Menyikapi musibah ini tetap tenang, waspada dan ikuti protokol kesehatan seperti yang kita lakukan hari ini, mari berdoa kepada Allah dalam ketaatan dan kesabaran kita,” pungkasnya. (adv/yan)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah