Nunukan

Ajak Hidup Sehat, PKRS RSUD Nunukan Edukasi Taat Protokol Kesehatan

Kegiatan yang digelar PKRS RSUD Nunukan. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan hingga kini terus melakukan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) kepada pasien, keluarga, maupun pengunjung rumah sakit serta masyarakat di sekitar rumah sakit.

Bahkan, PKRS kembali melakukan kegiatan di luar gedung rumah sakit tepatnya di TK/Paud di jalan Pembangunan, pada Rabu (23/9) lalu.

Saat itu, PKRS mengisi acara kegiatan PKK Kecamatan Nunukan Pokja II dengan tetap mengacu protokol kesehatan.

“Tentunya, dalam kegiatan itu kita menyampaikan informasi tentang cara pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengajarkan dan mempraktikkan cara cuci tangan yang baik dan benar, etika batuk dan social distancing,” terang Direktur RSUD Nunukan, dr H. Dulman melalui Ketua PKRS RSUD Nunukan, Erniyanti SKEP. Ners. MAP, kepada Korankaltara.com, Sabtu (26/9).

Erniyanti mengatakan hal ini salah satu upaya dalam memberikan edukasi, informasi, serta penyuluhan kesehatan tentang penyakit maupun pencegahannya.

“PKRS ini disampaikan berbagai cara baik melalui penyuluhan, seminar, sebaran brosur, poster dan leaflet,” terangnya.

Selain itu, Erni menjelaskan, kegiatan PKRS ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan melalui peningkatan pengetahuan, kemauan dan kemampuan dari, oleh dan untuk masyarakat di lingkungan rumah sakit.

“Sehingga, nantinya masyarakat akan mampu untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,” bebernya.

Kegiatan PKRS ini sendiri, kata dia, terbagi dua, yaitu di dalam maupun di luar gedung RSUD Nunukan.

Untuk kegiatan dalam gedung dimulai dari pendaftaran di poliklinik, rawat inap dan rawat khusus. Bahkan juga dilakukan di pelayanan penunjang medis seperti laboratorium, apotek, fisioterapi dan RO.

“Kemudian di kantin maupun di tempat ibadah,” bebernya.

Sementara kegiatan di luar gedung, langsung di tengah masyarakat, seperti di sekolah-sekolah, perkumpulan PKK, Karang Taruna, dan organisasi sosial dan kemasyarakatan lainnya.

Penyuluhan tentang kesehatan yang dilakukan Profesional Pemberi Asuhan (PPA) kepada pasien dan pengunjung rumah sakit serta pemasangan poster informasi dan pembagian leaflet. (adv)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah