Tarakan

900 Mahasiswa UBT Terima Beasiswa

Prof. DR. Adri Patton

TARAKAN, Koran Kaltara – Rektor Universitas Borneo Tarakan (UBT) Adri Patton memastikan, 900 mahasiswa akan mendapatkan beasiswa yang dikemas dalam Kartu Indonesia Pintar (KIP). 900 beasiswa ini terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya prestasi dan tidak mampu.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 400 ribu di seluruh Indonesia, kita UBT mendapatkan kuota 900 orang. Hampir setengah mahasiswa kita mendapatkan beasiswa,” terangnya, Senin (29/6/2020).

Lebih lanjut dikatakan Adri, penerima beasiswa ini adalah mahasiswa pemegang kartu KIP, di Kaltara ada 4 kabupaten 1 kota dan semua daerah mendapatkan KIP tetapi yang paling banyak adalah mahasiswa asal Tarakan, disusul Nunukan dan kabupaten lainnya.

Beasiswa KIP ini juga diberikan kepada mahasiswa terdampak Covid-19, bagi orangtuanya yang sebelum pandemi memiliki ekonomi yang baik tetapi setelah Covid-19 menyebar di Indonesia menjadi turun bahkan terpuruk.

“Bagi mahasiswa terdampak Covid-19, pihak UBT akan menyesuaikan biaya semester dan akan kita turunkan. Misalnya per semester Rp2,5 juta akan diturunkan menjadi Rp1,750 juta. Sedangkan yang mendapatkan beasiswa Rp2,5 juta akan dibayarkan dari beasiswa, sedangkan Rp750 ribu akan diberikan untuk dibelikan keperluan selama perkuliahan,” bebernya.

Disinggung mengenai kenapa komposisi penerima beasiswa didominasi yang tinggal di perkotaan, menurut Andri karena akses internet untuk mendaftar sangat mudah, sedangkan penduduk yang berada di pedalaman, perbatasan, pesisir pantai kesulitan mengakses karena pendaftaran secara online. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah