Nunukan

87 BUMDes di Nunukan Tidak Aktif

Monitoring di salah satu BUMDes. (foto: sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Nunukan mendorong Pemerintah Desa terus mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan memaksimalkan potensi desanya.

Sampai saat ini, dari 230 BUMDes se – Kabupaten Nunukan,  sebanyak 87 BUMDes tidak aktif. Dan, dari ratusan BUMDes, hanya 1 BUMDes yakni BUMDes Pembeliangan di Kecamatan Sebuku yang pendapatannya setahun mencapai ratusan juta. 

Kepala Seksi Pembangunan Usaha Ekonomi Desa dan Kawasan Perdesaan DPMD Kabupaten Nunukan Rusdan mengatakan, dari 232 desa se – Kabupaten Nunukan, sebanyak 230 BUMDes telah terbentuk. Hanya tersisa 2 desa belum membentuk BUMDes. Yaitu di Kecamatan Krayan dan Krayan Barat.

“Dari 230, tidak aktif 87 dan aktif 143 BumDes. Rata – rata bergerak di bidang pertanian, perkebunan, penjualan sembako, perdagangan, simpan pinjam, sarana air bersih, sarana produksi dan pasar. Dan, juga pariwisata, tetapi hanya beberapa BUMDesa yang mengelola seperti di Sebatik dan Krayan,” ujar Rusdan, Rabu (3/3).

Dia menyebutkan, berdasarkan data masing – masing BUMDes, pendapatannya rata–rata mencapai Rp5-10 juta pertahun. Namun, ada 1 BUMDes Desa Pembeliangan Kecamatan Sebuku, pendapatannya setahun bisa mencapai ratusan juta.

“Kesuksesan itu, salah satunya karena peran pengelola BUMDes memaksimalkan potensi desanya,” kata dia.

Karena itu, kata dia, DPMD Kabupaten Nunukan terus melakukan monitoring  untuk pembinaan dan evaluasi desa-desa,  khususnya yang  memiliki BUMDes. Termasuk desa yang belum memiliki BUMDes di dorong mendirikan BUMDes.

“Tujuan BUMDes adalah mendorong dan memacu ekonomi masyarakat desa, supaya lebih maju memanfaatkan potensi desa yang bernilai ekonomis. Sehingga bisa mengangkat nilai ekonomi masyarakat setempat,” kata Rusdan.

Dia mengingkatkan pengelola BUMDes untuk mempedomani  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes dan Permendesa Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

“Diharapkan teman-teman di desa dapat mengelola dengan baik, karena PP itu sudah sangat lengkap,” ucap dia. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah