Politik

74 Koli Surat Suara Pilkada Kaltara Sudah Tiba di Tarakan

Surat suara Pilkada Kaltara tiba di KPU Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Logistik surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 sudah tiba di Tarakan, Kamis (19/11/2020).

Surat suara tiba di Kota Tarakan sekitar pukul 10.00 Wita dikirim dari Tanjung Selor menggunakan speedboat khusus dengan mendapatkan pengawalan ketat. Selanjutnya surat suara dibawa dan disimpan di gudang logistik KPU Tarakan di Jalan Kusuma Bangsa.

Ketua KPU Tarakan, Nasruddin menjelaskan, logistik untuk Pilgub Kaltara di wilayah Tarakan baru logistik surat suara yang sudah tiba dari KPU Provinsi Kaltara.

“Surat suara sudah datang dan jumlahnya 74 koli. Tadi diantar menggunakan speedboat khusus, mengantar surat suara untuk Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan,” jelasnya.

Nasruddin mengatakan, untuk jumlah kertas suara masih belum dihitung, yang pasti sesuai DPT yaitu 143.130 kali 2,5 persen. Sementara kertas suara disimpan di gudang KPU.

Selain kertas suara, juga telah tiba kabel tis dan segel. Sedangkan untuk kotak suara, bilik suara dan sampul masih menunggu koordinasi lebih lanjut dari KPU Provinsi Kaltara.

“Kotak suara dan bilik masih sama dengan sebelumnya yaitu kardus kedap air. Jumlah yang dibutuhkan yaitu 426 kotak sesuai jumlah TPS untuk bilik masing-masing TPS ada empat bilik suara,” tuturnya.

Tahap selanjutnya, yakni pada tanggal 23 akan dilakukan sortir lipat dan ditargetkan rampung dua sampai tiga hari. Penyortiran melibatkan masyarakat.

“Petugas sortir adalah orang-orang di luar penyelenggara sekitar 50 orang. Targetnya 24-25 November sudah selesai,” katanya.

Nasruddin menegaskan, dalam proses sortir surat suara, KPU tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker. KPU juga telah menyiapkan APD untuk petugas sortir. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah