Malinau

7 Desa Wisata Mesti Lakukan Promosi

Ajang Kahang

MALINAU, Koran Kaltara – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malinau mengharapkan tujuh desa wisata di Malinau dapat melakukan promosi objek wisatanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harapkan semua desa wisata yang memiliki objek wisata dapat mempromosikan dengan media teknologi. Apalagi, saat ini sudah di era teknologi. Namun harus memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kadisbudpar Malinau Ajang Kahang kepada Koran Kaltara, Jumat (15/1/2021).

Menurut Ajang, promosi melalui teknologi sangat efektif untuk mengundang wisatawan domestik hingga mancanegara. “Promosi melalui teknologi tentu lebih efektif lagi,” katanya.

Namun, kata Ajang untuk mempromosikan ini, tidak bisa dilaksanakan pemerintah desa sendiri, tetapi perlu support pihak swasta.

“Dalam pengembangan sektor pariwisata ini, desa-desa itu tidak bisa sendiri, harus ada pihak lain memberikan support,” jelasnya.

Dia menyampaikan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, para pelaku wisata di Malinau mesti mampu meyakinkan masyarakat di tengah pandemi.

“Terutama protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan. Harus tetap menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah memberikan sosialisasi dan imbauan sesuai Surat Edaran Kepala Daerah dalam penerapan pola hidup sehat, aman dan produktif membangun Malinau.

“Dengan pola hidup sehat, aman dan produktif membangun di sektor pariwisata, maka objek wisata kita tetap eksis dan membangun rasa kepercayaan masyarakat. Sehingga mereka bisa berkunjung di objek wisata itu,” ungkapnya.

Dia yakin apabila sudah diterapkan desa wisata di Malinau, maka sektor objek wisata tetap eksis. Dan, pertumbuhan ekonomi di masyarakat desa akan tetap berkembang.

“Kalau tidak dilakukan, maka sektor wisata akan mengalami penurunan dan ekonomi masyarakat tidak bergerak. Jadi di tengah pandemi ini, tidak perlu merasa takut. Waspada boleh, tapi jangan berlebihan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah