Tana Tidung

600 Sambungan PDAM Gratis untuk Warga

PDAM Tideng Pale di Desa Sedulun, Tana Tidung. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – PDAM Tideng Pale akan memasang 600 Sambungan Rumah (SR) secara gratis di Kecamatan Sesayap Hilir. Hal ini disampaikan Plt Direktur PDAM Tideng Pale, Andi Prasetyo, Minggu (1/8/2021) kemarin.

“Kemungkinan dilakukan tahun ini, tapi tetap menunggu proses APBD Perubahan tahun 2021 yang tidak lama akan disahkan,” kata Andi Prasetyo.

Dia mengatakan, dengan pemasangan 600 SR di kawasan pesisir tersebut akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Menanggapi hal tersebut, warga Sepala Dalung, Masbur mengaku sangat berharap dirinya dapat terakomodir pada pemasangan air bersih oleh PDAM.

Selama ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih dirinya berharap dari air sungai dan turunnya air hujan.

“Air hujan tidak menentu kadang ada dan kadang tidak ada sama sekali. Masyarakat berharap dari air sungai saja sementara yang kami keluhkan tagihan listrik yang terus membengkak saat mengambil air dari sungai,” terang dia.

Diketahui, masyarakat menyedot air sungai menggunakan mesin pompa air.

Untuk memenuhi satu tangki dengan berat isi 1.100 liter membutuhkan hampir 5 – 6 jam pengisian menggunakan mesin pompa air bertenaga listrik tersebut.

Selain itu, menurutnya, air sungai tidak selalu bersih. Pasalnya, sungai tersebut digunakan untuk aktivitas kapal dan speed boat sehingga kadang ada saja tumpahan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mencemari sungai.

“Jadi air sungai tidak bisa dipakai minum, bisanya pakai mandi dan mencuci saja sedangkan untuk air bersih kami beli dengan harga Rp100 ribu per tangki,” tandas dia. (*)

 

TOPIK TERKAIT:

Setiap Tahun, 10 ASN KTT Dikuliahkan di UBT

Mulai September, Seputuk dan Belayan Ari Teraliri Listrik PLN

 

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari