Hukum Kriminal

48 Kg Sabu Bernilai Miliaran Rupiah Dibuang ke Toilet

Pemusnahan sabu di Polres Nunukan, Rabu (3/8). (Foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu kembali dilakukan Polres Nunukan pada Rabu (3/8/2022) pagi.

Kali ini, lebih dari 48 kg sabu yang dilarutkan dalam air yang disiapkan Aula Sebatik Polres Nunukan.

Pemusnahan yang dipimpin Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto ini disaksikan oleh Kajari dan jajaran, Danlanal dan jajaranya serta instansi lainnya.

Ricky menjelaskan, sabu yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan dari bulan April 2022 hingga Juli 2022 lalu.

Dari barang bukti itu, dikatakannya, berasal dari 17 laporan polisi (LP) dengan 25 tersangka, satu tersangka di antaranya perempuan.

“Pemusnahan barang bukti ini sudah memiliki ketetapan status barang bukti dari Kejaksaan. Memang, ada beberapa gram yang disisihkan untuk dikirim ke Labfor Surabaya dan pembuktian di persidangan,” jelasnya saat konferensi pers.

Untuk pemusnahannya, kata dia, masih sama dengan sebelumnya yakni dilarutkan ke dalam air yang telah disediakan. Lalu, airnya dibuang ke kloset agar benar-benar dimusnahkan.

“Dari 25 tersangka ini, perkaranya ada yang masih berproses dan ada pula yang selesai tahapannya. Nah, yang kita hadirkan di pemusnahan hanya perwakilan saja, itu tadi dihadirkan hanya 10 tersangka,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Nunukan Iptu Muhammad Ibnu Robbani mengatakan, jika diuangkan sabu sebanyak 48 kg ini mencapai puluhan miliar rupiah. Bahkan, korban bisa saja mencapai puluhan ribu orang.

“Kalau modus kan, sebenarnya sama saja dengan modus yang lama. Tidak ada pembaruan modus. Mereka hanya modifikasi sedikit tempat penyembunyiannya,” ujarnya.

Jika dilihat dari garis Kabupaten Nunukan, kata dia, celah untuk jalur penyelundupan memang masih ada. Namun begitu tak membuat pihaknya berpangku tangan.

“Makanya saya selalu mengajak masyarakat untuk ikut membantu dan bersama-sama memberantas peredaran narkoba ini,” pungkasnya.

Diketahui, tangkapan tersebar di Kabupaten Nunukan ialah pengungkapan sabu 47 kg di jalur tikus sekitar Patok 3 Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, pada 20 Juli lalu. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Hariadi