Bulungan

4 Partai Pengusung SMS Penuhi Syarat

Pasangan SMS saat tiba di KPU Bulungan untuk melakukan pendaftaran, Jumat (4/9/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Bakal pasangan calon (Bapaslon) pertama yang melakukan pendaftaran di KPU Bulungan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bulungan 2020 adalah pasangan Sigit Muryono – Markus Juk. Mendaftar pada hari pertama dibukanya pendaftaran, Jumat (4/9/2020), pasangan dengan akronim SMS (Sigit Markus Sukses) itu didampingi oleh pimpinan partai politik pengusungnya.

Ada empat partai yang memberikan mandat kepada SMS. Yakni PDIP (3 kursi), PAN (2 kursi), PKB (1 kursi) dan PPP (1 kursi) dengan total 7 kursi. Kepada media, Sigit Muryono mengatakan sudah melalui proses sesuai mekanisme dan syarat pencalonan untuk maju pada tahap berikutnya telah dipenuhi. “Kami dinyatakan memenuhi syarat dan dapat dilanjutkan prosesnya. Kemudian persyaratan calon kami sudah dinyatakan ada. Semua lengkap. Kami ikuti tahap berikutnya,” katanya kepada media usai pendaftaran.

Artinya, untuk syarat pencalonan, pasangan SMS telah resmi diusung oleh 4 partai. Dimana syarat minimal dukungan partai politik dalam Pilbup Bulungan adalah 5 kursi, sehingga total 7 kursi pengusung Sigit-Markus dinyatakan memenuhi syarat.

Hal itu dibenarkan pula oleh Ketua KPU Bulungan Lili Suryani saat ditemui media. Namun kemudian, selain syarat pencalonan, bapaslon juga harus memenuhi syarat calon. Dari sisi kelangkaan, seluruh syarat calon baik bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati dinyatakan lengkap.

“Untuk syarat calonnya kita masih harus melakukan verifikasi administrasi. Jadi apakah nanti terpenuhi atau tidak, verifikasi administrasi akan dilaksanakan mulai dari Tanggal 6 sampai 12 September,” jalas Ketua KPU Bulungan.

Jika dalam proses verifikasi ada kelengkapan yang dinilai masih kurang, akan disampaikan kepada bapaslon pada Tanggal 13-14 September. Kemudian bapaslon diberikan kesempatan untuk memperbaiki kekurangan itu pada Tanggal 14-16 September. “Jadi kita masih akan memeriksa keabsahan dari syarat calon yang mereka serahkan tadi (kemarin). Itulah yang harus kami verifikasi,” ujarnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah