Kaltara

3 Tahun Polda Kaltara, Jumlah Personel Belum Ideal

Jumlah personel masih belum tuntas dihadapi Polda Kaltara setelah 3 tahun terbentuk. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Tepat pada tanggal 9 Januari 2018 lalu, Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara secara resmi terbentuk berdasarkan surat keputusan Kapolri Nomor : Kep/12/1/2018. Itu artinya, di tahun 2020 ini, Polda Kaltara sudah 3 tahun terbentuk sebagai salah satu institusi Polri di Indonesia.

Meskipun sudah 3 tahun terbentuk, persoalan jumlah personel masih belum tuntas. Polda Kaltara yang membawahi 4 Polres jajaran, saat ini memiliki jumlah personel hanya sebanyak 2.544 orang. Jumlah tersebut masih sekitar 27 persen dari jumlah ideal untuk se-Kaltara.

“Kalau personel, kita memang masih sangat kekurangan. (jumlah personel). Masih belum mencukup dari jumlah idealnya. Paling yang ada sekarang baru sekitar 27 persen DSP (daftar susunan personel),” kata Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono, Senin (11/1/2021).

Kapolda mengungkapkan, atas keterbatasan personel itu, melalui perekrutan bisa menjadi solusi. Polda Kaltara, kata dia, mendapatkan perhatian penting dari Mabes Polri untuk persoalan perekrutan personel. Kapolda juga mengungkapkan, dalam perekrutan, para calon siswa (casis) Polda Kaltara tak lagi menempuh pendidikan di Polda lain.

Apalagi Polda Kaltara telah memiliki sekolah polisi negara (SPN) sendiri dan ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2022 yang akan datang.

“Kita buka terus pendaftaran setiap tahunnya. Alhamdulillah, kita juga selalu dapat kuota dari Mabes (Polri). Kita target, tahun 2022 SPN sudah bisa difungsikan. Jadi sudah bisa pendidikan disana nanti,” ungkap Kapolda.

Dijelaskan, di usia 3 tahun setelah diresmikan, Polda Kaltara terus melakukan evaluasi dan introspeksi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala dan kekurangan dalam memberikan pelayanan. Meskipun, lanjutnya, Polda Kaltara masih keterbatasan jumlah personel, namun bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan pelayanan maksimal.

“Kita akui masih banyak keterbatasan. Tapi secara perlahan kita perbaiki dan evaluasi, apa yang menjadi kekurangan. Supaya Polda Kaltara ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sinergitas antara Polri dan TNI di provinsi Kaltara juga akan terus jadi perhatian serius. Agar demi terciptanya kamtibmas yang kondusif serta tidak adanya gangguan dari negara lain di provinsi perbatasan ini.

“Kita selalu menjaga sinergitas antar semua instansi. Bersama TNI, pemerintah dan unsur lain. Kita pastikan, Kaltara ini aman dari gangguan apapun,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah