Bulungan

265 Tenaga Kebersihan Dilengkapi APD

BANTUAN – Bupati Bulungan Sudjati menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tenaga kebersihan di Bulungan, belum lama ini. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Untuk menjaga agar jangan sampai terpapar Covid-19, dengan tingkat mobilitas kerja yang selalu di luar rumah, sebanyak 265 tenaga kebersihan di Bulungan dilengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Pengadaan APD bagi para tenaga kebersihan, berupa masker, sepatu, sarung tangan, dan baju seperti jas hujan, dilakukan Pemkab Bulungan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Secara simbolis penyerahan APD ini dilakukan langsung oleh Bupati Bulungan Sudjati, beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan yang sama, juga diberikan bantuan paket sembako kepada petugas kebersihan itu.

Total 265 bantuan paket sembako dari Pemkab Bulungan itu diberikan kepada petugas kebersihan di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas dan Bunyu.

“Saya berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban ekonomi keluarga para petugas kebersihan di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Bupati di sela-sela penyerahan bantuan.

Terpisah, Kepala DLH Bulungan Iwan Sugianta menyampaikan, seluruh bantuan sudah diserahkan. Bantuan sembako merupakan bantuan yang rutin diberikan dan sudah masuk dalam penganggaran daerah di luar adanya pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk APD yang kita berikan masker, sepatu, sarung tangan, baju seperti jas hujan. Itu sudah kita salurkan semua, termasuk yang lainnya. Kalau sembako sebenarnya bantuaan natura (bantuan barang, bukan dalam bentuk uang) memang sudah kita anggarkan di APBD murni,” jelasnya.

Para tenaga kebersihan, jelas Iwan, selama ini tetap bekerja seperti biasa. Bahkan pasca lebaran Idulfitri, sesuai instruksi hari kedua sudah langsung bekerja, dan sekarang sudah normal kembali.

Dirinya menegaskan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya selalu memperingatkan kepada para tenaga kebersihan untuk tetap menjaga kebersihan.

“Itu sudah kita sampaikan, yang penting adalah menjaga kebersihan, menggunakan masker sarung tangan dan sepatu itu wajib. Kemudian tentunya dengan persiapan new normal, itu kita tetap menekankan pertugas untuk menjaga kebersihan jangan sampai sampah terlambat diangkat, kemudian selalu mencuci tangan. Pengawas juga kami tekankan selalu dikontrol,” kata Iwan.

“Peringatan keras bagi yang tidak menggunakan APD, ada sanksi diberikan SP (Surat Peringatan). Begitu pun yang  tidak makai masker, kita berikan teguaran keras,” tegasnya. Ini penting, karena menurut dia, untuk menjaga agar pekerja, keluarga, yang lain semua tidak tertular penyakit. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah