Headline

210 Gereja se-Kaltara Dijaga Ketat Personel Gabungan

Personel gabungan yang melakukan penjagaan di salah satu gereja yang ada di Kaltara. (Foto: Ramlan/Koran Kaltara)
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara - Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit melalui Kabidhumas Polda Kaltara, AKBP Berliando menyatakan, rangkaian perayaan Natal di provinsi ke-34 ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Hingga Selasa (25/12/2018) malam, tidak ada laporan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di empat kabupaten dan satu kota yang ada di Kaltara ini. “Sampai…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit melalui Kabidhumas Polda Kaltara, AKBP Berliando menyatakan, rangkaian perayaan Natal di provinsi ke-34 ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Hingga Selasa (25/12/2018) malam, tidak ada laporan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di empat kabupaten dan satu kota yang ada di Kaltara ini.

“Sampai saat ini tidak ada gangguan Kamtibmas. Berdasarkan laporan, semuanya terlihat aman dan tetap kondusif,” katanya kepada Koran Kaltara.

Berliando mengungkapkan, aparat gabungan menjaga secara ketat terhadap 210 gereja yang tersebar di seluruh wilayah. Hal itu untuk memastikan, agar umat kristiani yang menjalankan ibadah Natal bisa tetap merasa aman.

Ia juga berharap, keadaan yang tetap kondusif ini bisa terus berlanjut hingga perayaan Tahun Baru 2019 nanti.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama bersatu dan menjaga kerukunan umat beragama yang berguna untuk mengisi segala aktivitas pembangunan.

“Di Kaltara ini ada sekitar 210 gereja. Semua diamankan oleh tim gabungan. Mudah-mudahan keadaan seperti ini bisa sampai tahun baru nanti,” harapnya.

Sementara itu, untuk memastikan pengamanan oleh personel gabungan dilakukan secara maksimal, Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit melakukan patroli ke sejumlah geraja yang ada di Bulungan pada Senin (24/12/2018) malam.

Selain untuk melihat kesiapan dan persiapan, juga untuk menjamin ibadah perayaan Natal berjalan aman dan kondusif. Dari pantauan Koran Kaltara, ada tujuh gereja di Kabupaten Bulungan yang didatangi.

Dalam patroli yang juga diikuti oleh Wakapolda Kaltara, Kombes Pol Zainal Arifin Paliwang, para pejabat utama Polda Kaltara serta anggota TNI, beberapa pos dalam Operasi Lilin Natal 2018 juga dikunjungi.

“Kami ingin menjamin, pelaksanaan ibadah umat kristiani jelang Natal ini tetap aman. Makanya dilakukan patroli seperti ini,” katanya saat ditemui sejumlah wartawan usai melakukan patroli, Senin malam.

Kapolda mengungkapkan, penjagaan di setiap gereja juga dilakukan oleh unsur gabungan dari TNI/Polri dan aparat lainnya. Penjagaan dilakukan itu, demi untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat.

“Kalau penjagaan di setiap gereja, memang tidak rata. Ada yang sampai 10 orang, ada juga yang tidak sampai. Itu tergantung besar-kecilnya gereja itu. Kalau lebih besar, tentu personelnya juga lebih banyak,” ungkapnya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kaltara untuk tetap menjaga situasi kondusif dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru. Toleransi beragama sangat diperlukan agar dapat menjalin harmoni kebhinnekaan masyarakat madani berdasarkan cita-cita kita bersama,” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Nurul Lamunsari

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 26 Desember 2018