Bulungan

2021, Gedung KUA Tanjung Selor Mulai Dibangun

Kondisi KUA Tanjung Selor yang sudah tidak bisa dipergunakan karena terendam genangan air. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sempat beberapa kali tertunda, Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya nenyetujui rencana pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjung Selor. Kantor sebagai gedung KUA lama yang sudah tidak bisa dipergunakan ini, bakal mulai dibangun tahun depan (2021). Lokasinya di Jl Cendana Tanjung Selor.

Seperti diketahui, gedung KUA Tanjung Selor di Jl Jelarai Raya sudah sejak beberapa tahun lalu tidak bisa dipergunakan lagi. Pasalnya kantor yang berlokasi di sebelah Kantor Camat tersebut, terendam genangan air. Berbagai upaya dilakukan, namun tetap tidak bisa mengatasi genangan itu.

Kepala Kemenag Bulungan Hamzah menyampaikan, gedung KUA yang lama dipastikan tidak bisa digunakan lagi. Untuk sebagai solusi akan dibangun gedung baru. Terkait lahan, ia memastikan sudah menyiapkan itu di Jalan Cendana.

“Sesuai rencana awal pembangunan fisik akan dimulai tahun ini. Namun, karena ada keterlambatan proses penerbitan sertifikat lahan pembangunan fisik belum bisa terealisasi. Insya Allah, tahun 2021 anggaran pembangunan akan dialokasikan,” ujar Hamzah, Jum’at (3/7/2020).

Untuk percepatan realisasi, pihaknya akan terus mendorong pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag RI untuk mempercepat proses pembangunan gedung KUA. “Sebenarnya kita juga mau cepat. Karena tidak enak juga kita pakai punya orang. Kan bangunan yang sekarang kita pakai ini punya Pemda (pemerintah daerah). Kita pinjam pakai. Alhamdulillah, pemda support (mendukung),” imbuhnya.

Seharusnya, kata Hamzah lagi, tahun ini pinjam pakai bangunan itu sudah selesai. Akan tetapi karena belum ada anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan gedung baru, maka pinjam pakai diperpanjang. Ia juga berharap kondisi pandemi covid-19 saat ini nantinya tidak mempengaruhi anggaran pembangunan KUA yang sudah direncanakan lagi.

Usulan pembangunan gedung KUA baru diakuinya sudah sejak lama. Namun terkendala karena sertifikat lahan baru keluar akhir tahun 2019 lalu. Akan tetapi masih perlu kelengkapan dokumen lainnya. “Sertifikat terbit di akhir tahun. Jadi sudah tidak sempat kita melengkapi dokumennya. Kita masih optimis 2021 pembangunan fisik dimulai. Apalagi sekarang ini usulan pembangunan sudah di verifikasi,” katanya.

Hamzah menambahkan, selain akan membangun gedung KUA baru, pada 2021 pihaknya juga akan  membangun tempat Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) haji, yang rencana bangunannya  berada tepat di sebelah Kantor Kemenag Bulungan.

Dikatakan, ketika Siskohat haji terbangun maka akan ada pelayanan terpadu. Diharapkan, masyarakat yang ingin mengurus akan lebih mudah dengan adanya Siskohat. “Saya juga sudah berkoordinasi dengan pihak perbankan dan mereka siap. Doakan saja semoga 2021 bisa dibangun bersamaan dengan gedung KUA Tanjung Selor,” imbuhnya. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah