Hukum Kriminal

2 Kilogram Sabu-Sabu Dilarutkan dalam Air

Pemusnahan 2 kilogram sabu-sabu dengan cara dilarutkan ke dalam air. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Mengawali tahun 2021, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara musnahkan barang bukti narkotika golongan I jenis sabu-sabu. Pemusnahan dilaksanakan di halaman kantor BNNP di Tarakan, Rabu (13/1/2021).

Pemusnahan barang bukti sabu-sabu dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air dan dibuang ke kloset. Pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan langsung oleh tiga tersangka.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Henry Simanjuntak menjelaskan, pemusnahan barang bukti dilakukan sebagai bukti kepada masyarakat bahwa barang bukti tersebut tidak dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh penegak hukum.

“Jadi inilah cara kita untuk menyakinkan masyarakat bahwa apa yang kita lakukan, apa yang kita tangkap itu tidak disalahgunakan, makanya kita musnahkan,” tegasnya.

Barang bukti yang dimusnahkan, yaitu sabu seberat 2 kilogram hasil pengungkapan kasus pada tanggal 4 Desember tahun 2020 lalu. BNNP juga berhasil mengamankan tiga tersangka.

Tiga tersangka yang ditangkap, yaitu FL alias FY, laki-Iaki (31) warga negara asing (WNA) Philipina. Kemudian HF alias FR, laki-laki (31) warga Tarakan dan HN, laki -laki (30) WNA asal Philipina yang merupakan narapidana Lapas Kelas II A Tarakan.

Kepala BNNP Kaltara, mengajak masyarakat melakukan pengawasan di lapangan, khususnya kepada anggota yang melaksanakan tugas.

“Meski personel yang ada sekarang tidak ada yang menyimpang, namun kita tidak tahu (nanti) karena personel terus berganti (mutasi). Makanya pengawasan perlu dilakukan,” katanya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah