Tarakan

10 Hari Tanpa Kasus Covid-19, Kota Tarakan Menuju Zona Hijau

dr Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Sejak satu kasus positif terakhir, yakni pelaku perjalanan dari Surabaya dinyatakan sembuh pada tanggal 23 Juli 2020, hingga hari ini, Minggu (2/8/2020) di Kota Tarakan tidak terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Selama 10 hari terakhir Tarakan tidak terdapat penambahan kasus konfirmasi positif baru, artinya Tarakan siap menuju zona hijau. Saat ini status Kota Tarakan masih zona kuning untuk menuju zona hijau.

Salah satu syaratnya status berubah hijau adalah selama 14 hari secara berturut-turut tidak terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi positif di Kota Tarakan sebanyak 88 orang dan seluruhnya dinyatakan sembuh.

“Sementara jumlah kasus suspek yang dipantau saat ini sebanyak 101 orang. Kasus suspek yaitu orang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dan, pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal,” jelasnya.

Penurun juga terjadi pada kasus kontak erat, di mana jumlah kontak erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 37 orang. Kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau terkonfirmasi Covid-19.

“Saat ini tidak ada kasus probable yang dirawat di rumah sakit. Kasus probable yaitu kasus suspek dengan ISPA berat, ARDS, atau meninggal dunia dengan gambaran klinis yang menyakinkan Covid19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR,” terangnya.

Devi mengatakan, Kota Tarakan saat ini resmi menerapkan kebijakan adaptasi kehidupan baru (AKB) sejak 1 Agustus 2020. Guna pencegahan Covid-19, masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir serta menjaga jarak. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah