Kaltara

1.627 Pendaftar Beasiswa Kaltara Unggul Belum Update Data

Sejumlah mahasiswa melakukan konsultasi dengan tim beasiswa Kaltara unggul. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Lupa kata kunci atau password menjadi salah satu persoalan bagi para calon penerima beasiswa Kaltara Unggul.

Kata kunci digunakan pendaftar melengkapi berkas melalui website untuk diverifikasi oleh tim.

Oleh karena itu, tim memberikan kesempatan kepada pandaftar untuk melakukan konsultasi bertempat di SMA Negeri 1 Tarakan.

Salah satu tim beasiswa Kaltara Unggul, Rahmad Subagio mengatakan, pendaftar melalui website mencapai 5.981 orang, namun yang sudah melengkapi berkas sebanyak 3.289. Sisanya masih ada 1.627 yang belum mengupdate data.

Oleh karena itu, tim membuka bimbingan untuk menyelesaikan persoalan tersebut karena sudah mendekati deadline.

Pengakuan dari beberapa mahasiswa, beberapa kendala yang dihadapi yakni lupa kata kunci.

Selain itu, juga upload berkas yang belum lengkap sementara pendaftar sudah menekan tombol update berkas.

“Sehingga minta bantuan ke kita, karena terkunci secara sistem jika peserta sudah klik update berkas. Oleh karena itu, tim beasiswa Kaltara unggul melakukan pendampingan hingga 1 November. Sesuai dengan surat edaran, proses verifikasi data yang sudah lengkap sedang berjalan. Untuk masalah dapat atau tidak beasiswa yang diajukan tergantung kuota, dan keputusan tim,” tegasnya.

Rahmad menjelaskan, besaran beasiswa mencapai Rp8 juta untuk kategori doktor, magister Rp6 juta, S1 Rp4 juta dan diploma mendapatkan Rp3 juta.

Besaran ini jauh berbeda dari sebelumnya yang diberi rata kepada semua jenjang pendidikan, yaitu sebesar Rp2,5 juta.

“Kalau untuk pengumuman dapat atau tidaknya masih dilakukan verifikasi dan akan dibertahukan ke akun masing-masing. Jadi yang sudah diverifikasi bisa langsung tahu apakah dapat atau tidak. Untuk memastikan berkas yang diupload benar atau tidak kita juga melakukan koordinasi dengan fakultasnya masing-masing, termasuk nilai IPKnya,” ucapnya.

Kepala Cabang Tarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara, Ahmad Yani menambahkan, bahwa beasiswa bukan hanya diberikan kepada mahasiswa tetapi juga pelajar untuk tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat.

Namun, dirinya tidak mengetahui besaran yang bakal didapat.

“Kami membantu menerima berkas yang diajukan oleh masing-masing satuan pendidikan di Tarakan mulai SD, SMP, SMA/SMK. Kita coba bantu, kita berinisiatif bantu karena ketentuan berdasarkan Peraturan Gubernur Kaltara,” ucapnya.

Dia mengatakan, yang mendapatkan beasiswa Kaltara unggul ini anak yang prestasi maupun kurang mampu, namun masalah verifikasi berkas menjadi kewenangan tim.

Pihaknya hanya memfasilitasi koordinasi, dan tempat melakukan konsultasi.

Selain itu, beasiswa juga dapat diajukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Satu tahun hanya dapat sekali, karena penganggaranya satu tahun sekali dan tahun berikutnya bisa mengajukan lagi. Nanti akan langsung ke rekening masing-masing,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment