Headline

1.379 Warga Nunukan Jalani Tes Urine

TES URINE : Salah satu kegiatan BNNK melakukan tes urine dan bekerjasama dengan intansi di Kabupaten Nunukan. (foto: Asrin/Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan, selama Januari hingga Oktober 2020, sebanyak 1.379 warga Kabupaten Nunukan sudah menjalani tes urine. Plt Kepala BNNK Nunukan, Abdullah menyampaikan, dari jumlah itu, terdapat 118 orang merupakan tersangka kasus pidana narkoba.

“Namun, ada 18 orang positif, termasuk calon pengantin. Nah, kalau 118 itu, tersangka narkoba yang positif semua,” sebut Abdullah kepada Koran Kaltara, Rabu (21/10/2020).

Dia menjelaskan, ribuan orang  yang melakukan tes urine ini untuk berbagai keperluan. Seperti dari calon pengantin, melamar kerja, perpanjangan kontrak.  Ini merupakan kerja sama BNNK dalam melakukan tes urine terhadap pegawai di pemerintahan dan instansi vertikal lainnya.

“Bagi orang positif, ditemukan ada dikarenakan positif metamphetamine dan benzo serta obat-obatan sesuai resep dokter,” bebernya.

Merujuk tahun 2018,  kata dia, tes urine mandiri di BNNK Nunukan mencapai 1.643 orang. Positif metamphetamine sebanyak 10 orang dan benzo sebanyak 8 orang. Terdiri dari 4 perempuan dan 4 laki-laki. Kemudian, tahun 2019, terjadi peningkatan hingga 2.356 orang yang menjalani tes urine mandiri. Dan, sebanyak 13 laki-laki positif metamphetamine dan 6 orang positif benzo.

“Namun,  masih banyak masyarakat enggan datang ke BNNK Nunukan untuk menjalani tes urine. Karena, sebagian besar mereka takut ditangkap dan malu jika ketahuan positif. Sekali lagi, kita menegaskan apabila ada keluarga maupun kerabat, jangan takut atau malu datang ke BNNK. Karena kita akan melakukan penyembuhan, agar terlepas dari barang haram tersebut,” ajaknya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah