Malinau

Wabup Ingatkan Warga Taati Aturan Berlalu Lintas

Wakil Bupati Malinau, Topan Amrullah

MALINAU, Koran Kaltara Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah mengingatkan masyarakat Malinau yang sedang menjalani ibadah tarawih agar mentaati aturan berlalu lintas dan selalu memeriksa kondisi rumahnya.

“Di suasana ramadan ini, saya harapkan masyarakat di Malinau yang sedang menjalan ibadah tawarih agar mentaati peraturan lalu lintas dengan menggunakan helm,” ungkap Topan saat safari ramadan, Selasa (14/5/2019) malam.

Menurut dia, masyarakat saat berkendaraan menuju ke masjid, rata-rata tidak menggunakan helm. Tetapi, hanya menggunakan kopiah atau songkok.

“Padahal kalau terjadi kecelakaan di jalan, akibatnya akan menimpa diri sendiri. Terutama yang berisiko adalah kepala kita sendiri,” jelasnya.

Karena itu, Topan mengharapkan masyarakat dapat mentaati aturan lalu lintas. “Jadi saat turun dari rumah harus dicek semuanya. Pastikan membawa surat kendaraan bermotor. Siapa saja, tanpa terkecuali, harus wajib taat dan aturan, karena aturan dibuat untuk menjaga keselamatan kita,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pasca di awal ramadan telah terjadi kebakaran yang menghanguskan Kantor Desa Malinau Hulu dan satu rumah. Karena itu, masyarakat saat berpergian ke masjid untuk memperhatikan keamanan rumahnya.

“Pastikan kompor itu dalam keadaan mati. Jangan sampai masih dalam keadaan nyala, lalu pulang dari tarawih rumahnya pun lenyap dilahap si jago merah, meski ada pihak Damkar yang menjaga tapi setidaknya perlu diantisipasi,” ujarnya.

Dia meminta kepada orangtua agar tetap mengajak anak-anaknya pergi ke masjid. Supaya mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Seperti ada anak kecil yang ditinggal di rumah sendirian. Seperti tahun lalu, saat terjadi kebakaran, anak itu menjadi korban. Maka dari itu, jangan ditinggal,” ungkapnya.

Topan mengharapkan warga Malinau dapat memastikan rumah dalam keadaan terkunci.

“Karena momentum ramadan seperti ini, bisa saja dimanfaatin pelaku kejahatan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : Sobirin