Hukum Kriminal Nunukan

Transaksi Sabu, Warga Desa Bukit Aru Indah Diamankan Sat Polair

Barang bukti sabu-sabu yang disita polisi.

NUNUKAN, Koran Kaltara – Unit Gakkum Sat Polair Polres Nunukan mengamankan Waris (39) di Jalan Cut Nyak Dien RT. 03 Desa Bukit Aru Indah, Kecamatan Sebatik Timur, Nunukan karena kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu, Selasa (18/2/2020) lalu.

Waris diamankan di rumahnya dengan barang bukti sabu-sabu seberat 13 gram beserta seperangkat alat isap sabu berupa kaca fanbo, bong, sedotan aqua, korek api gas dan gunting. Selain itu juga disita satu unit hp dan satu buah timbangan digital.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro melalui Kasubag Humas Polres Nunukan Iptu M. Karyadi mengatakan, penangkapan Waris berawal dari penyelidikan yang dilakukan oleh personel Unit Gakkum Sat Polair Polres Nunukan setelah ada informasi dari masyarakat.

Berdasarkan informasi, disebutkan bahwa di sebuah rumah yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dien RT. 03, dicurigai adanya seseorang yang sering melakukan transaksi narkoba jenis sabu.

“Atas informasi tersebut, Unit Gakkum Sat Polair Polres Nunukan melakukan penyelidikan di sekitar rumah yang dimaksud,” ujar Karyadi, Jumat (21/2/2020).

Saat itu, ungkap Karyadi, personel Unit Gakkum melihat ada beberapa orang masuk ke dalam rumah tersebut. Selanjutnya langsung dilakukan penggerebekan.

Di dalam rumah ditemukan tiga orang laki-laki, termasuk Waris beserta satu bungkusan plastik ukuran sedang dan seperangkat alat isap sabu. Lalu, ketiganya dibawa ke kantor Satpolair Polres Nunukan.

Hasil pemeriksaan, Waris ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan sabu-sabu yang ditemukan di rumahnya. Waris dijerat dengan Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara minimal lima tahun. Sedangkan dua laki-laki yang ikut diamankan, hanya sebagai saksi. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik