Ekonomi Bisnis

Toko Modern Harus Berjarak 2 Km dari Pasar Tradisional

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kaltara Hartono, mengatakan untuk membangun toko modern dengan ritel besar seperti pusat perbelanjaan wajib mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kota, dan Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Kota, termasuk Peraturan Zonasinya.

Pembangunan toko modern tentu wajib memperhitungkan kondisi sosial ekomoni masyarakat. Misalnya keberadaan pasar tradisional, usaha kecil dan usaha mengah yang ada di dalam wilayah bersangkutan.

“Tapi yang terpenting itu memperhatikan jarak antara toko modern seperti Hypermarket misalnya dengan Pasar Tradisional yang telah ada sebelumnya minimal berjak 2 km,” ucapnya Senin, (29/7/2019)

Dalam rangka menciptakan hubungan kerjasama yang berkeadilan, saling menguntungkan dan tanpa tekanan antara pemasok dengan toko modern, dikatakannya pemerintah dan pemerintah daerah dapat memfasilitasi kepentingan pemasok dan toko modern dalam merundingkan perjanjian kerjasama.

Toko modern dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk Minimarket, Supermarket, Department Store, Hypermarket ataupun grosir yang berbentuk Perkulakan.

“Mengenai jarak antar-minimarket dengan pasar tradisional yang saling berdekatan, hal tersebut berkaitan dengan masalah perizinan pendirian toko modern (minimarket),” jelasnya pada Koran Kaltara.

Toko modern kata dia  harus memiliki izin pendirian yang disebut dengan Izin Usaha Toko Modern (IUTM) yang diterbitkan oleh bupati atau wali kota

Adapun dasar hukum tersebut tentu mengacu pada peraturan Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Adapun sistem penjualan dan jenis barang dagangan Toko Modern dijelaskan dirinya seperti . Minimarket, Supermarket dan Hypermarket menjual secara eceran barang konsumsi terutama produk makanan dan produk rumah tangga lainnya.

Sedangkan  Department Store menjual secara eceran barang konsumsi utamanya produk sandang dan perlengkapannya dengan penataan barang berdasarkan jenis kelamin atau tingkat usia konsumen serta perkulakan menjual secara grosir barang konsumsi. (*)

Reporter : Ike Julianti

Editor : Rifat Munisa