Bulungan

Tim dari Kemenkes Lakukan Survei Akreditasi

Bupati Bulungan Sudjati, turut menghadiri dan menyaksikan proses reakreditasi di Puskesmas Bumi Rahayu. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Bulungan kembali dilakukan proses akreditasi. Agar bisa mendapatkan akreditasi, kata Bupati Bulungan Sudjati, perlu melewati beberapa tahapan dan syarat yang harus dipenuhi. 

Salah satu Puskesmas, yang sedang dalam proses akreditasi adalah UPT Puskesmas Bumi Rahayu.  Tim Survei Akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI, mulai melakukan penilaian atau survej akreditasi di Puskesmas yang berlokasi di Desa Bumi Rahayu Kecamatan Tanjung Selor, Kamis (7/11/2019) lalu.

Untuk diketahui, survei reakreditasi adalah salah satu cara untuk mengevaluasi kinerja Puskesmas, sesuai amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015, yang menyebutkan Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi ulang setiap 3 tahun sekali.

Bupati menyampaikan, dalam menjalankan fungsinya secara optimal, Puskesmas perlu dikelola dengan baik. Mulai dari kinerja pelayanan, proses pelayanan maupun sumber daya yang digunakan. “Diminta atau tidak diminta pelayanan harus kita berikan. Tentunya optamilasasi pelayanan itu perlu diutamakan,” ujarnya.

Diharapkan hasil penilaian nantinya bisa mendapat hasil yang diharapkan. Terlebih ke depannya bisa dijadikan sarana motivasi untuk peningkatan kinerja. Terutama bagi tenaga medis khususnya di puskesmas.

Sejauh ini, kata Sudjatiz Pemkab Bulungan terus memaksimalkan pelayanan publik. Terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yang salah satunya bidang kesehatan. Dirinya mengingatlkan adanya akreditasi harus berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Bulungan mengucapkan terima kasih kepada Tim Surveyor Akreditasi yang akan memberikan penilaian dan pembinaan terhadap UPT Puskesmas Bumi Rahayu. Semoga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar dan mendapat nilai sesuai dengan harapan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nurjannah

Editor : Eddy Nugroho