Bulungan

Tiga Hari Tanjung Selor Diprediksi Berawan hingga Hujan Ringan

Kantor BMKG Tanjung Harapan. (Foto: Martinus/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Selor, Mumammad Sulam Khilmi melalui Forecaster (BMKG) Sylvi Yulianti menerangkan perkiraan cuaca yang akan terjadi selama tiga hari ke depan.

Sylvi memprediksi Tanjung Selor dan sekitarnya dalam kondisi berawan hingga Hujan ringan. Mulai dari Jumat hingga Minggu (14-16/2/2020).

“Tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya sekitar 1010 – 1012 hPa. Terpantau adanya pola sirkulasi di Samudera Hindia Barat Sumatera. Daerah pertumbuhan awan hujan akibat pertemuan dan belokan angin” ujar Silvi.

lanjut dia, kumpulan cuaca seperti di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat , Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Hal ini berdampak pada kondisi cuaca di Kalimantan Utara, sehingga diperkirakan kondisi cuaca tiga hari kedepan sebagian wilayah Kalimantan Utara umumnya berawan – hujan sedang dan juga berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat.

Melalui media ini dirinya mengharapkan kepada warga untuk tetap waspada. Terutama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, seperti drainase agar ridak tersumbat. Karena potensi hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari kedepan memungkinkan jumlah air yang meningkat menyebabkan genangan. (*)

Reporter: Martinus
Editor: Nurul Lamnunsari