Politik

Tes Wawancara Calon Anggota Bawaslu, Timsel Gali Kemampuan Peserta

Salah satu peserta tes wawancara di hadapan Timsel Bawaslu.

TARAKAN, Koran Kaltara – Tes wawancara seleksi calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara masa jabatan 2020 – 2025 memasuki hari ke-2, Sabtu (15/2/2020).

Pantauan Korankaltara.com, tes hari ke-2, sesuai jadwal tes akan diikuti delapan peserta. Tes yang dilaksanakan di ruang Lotus Hotel Swissbell Tarakan berlangsung tertutup.

Hingga pukul 14.50 Wita, berdasarkan data registrasi, sebanyak empat peserta telah mengikuti tes wawancara, sementara empat peserta lainnya sedang diwawancara.

Selain delapan peserta yang mengikuti tes wawancara hari ini, sebelumnya pada Jumat (14/2/2020) kemarin sudah diikuti empat peserta. Diketahui, jadwal tes wawancara dimuai sejak Jumat (14/2/2020).

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Kaltara Wirdyaningsih mengatakan, tes wawancara diikuti sebanyak 12 peserta yang terbagi menjadi dua sesi, yakni hari Jumat dan hari ini.

“Hari Jumat empat orang dan Sabtu sisanya delapan orang. Untuk Jumat hanya empat orang karena kegiatan dimulai usai shalat Jumat,” terang Wirdyaningsih. Sementara untuk Sabtu kegiatan dimulai pagi hingga sore.

“Waktu untuk tiap peserta berkisar satu jam. Kita akan gali lebih banyak. Jadi sekitar satu jam itu kami (timsel) berlima akan menggali kemampuan peserta,” ujarnya.

Wirdyaningsih menerangkan, dalam proses tes wawancara timsel mengajukan pertanyaan kepada peserta sesuai dengan surat panduan Bawaslu Pusat, termasuk masukan dari masyarakat akan diklarifikasi kebenarannya.

“Yang akan kita tanyakan, seperti pengetahuan mereka tentang kepemiluan, tentang strategi pengawasan, integritas, pengetahuan daerah, pengetahuan muatan lokal kemudian kerja sama mereka seperti apa,” terangnya.

Timsel akan mengambil dua kelipatan dari jumlah kebutuhan. Saat ini yang dicari tiga nama, maka diambil enam nama yang akan diserahkan ke Bawaslu RI.

“Berarti kami harus menggugurkan enam peserta lainnya dari hasil tes wawancara dan kesehatan. Hasil tes kesehatan sudah kami terima. Hasil tes akan kami putuskan dalam pleno. Pengumumannya tanggal 16 Februari,” katanya.

Enam peserta yang lolos tahap tes wawancara dan tes kesehatan akan mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan Bawaslu RI untuk memilih tiga nama yang dilantik menjadi anggota Bawaslu Kaltara. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik