Politik

Syamsi Sarman Siap Bertarung Jika Masyarakat Menghendaki

Syamsi Sarman

TARAKAN, Koran Kaltara – Meskipun belum memasuki tahapan pemilihan kepala daerah, namun dapat dipastikan di 2020 mendatang masyarakat Kalimantan Utara akan menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah. Banyak nama digadang-gadang bakal maju, tidak terkecuali tokoh Muhammadiyah, Syamsi Sarman. Secara terang-terangan dirinya siap maju jika diminta oleh masyarakat maupun organisasi yang selama ini menaunginya.

“Sekarang sudah ramai di media bursa pemilihan kepala daerah, tetapi saya melihat para calon masih dari kalangan politisi. Menurut saya, harus dimunculkan juga tokoh masyarakat non politik supaya masyarakat juga ada alternatif pilihan. Bukan berarti dari politisi tidak memiliki kualitas, tetapi supaya banyak pilihan,” terangnya, di hadapan sejumlah awak media, Selasa (21/5/2019).

Lebih lanjut dikatakan Syamsi, tokoh masyarakat, agama, maupun adat bahkan tokoh pemuda sangat banyak yang memiliki kapasitas maju sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur, namun belum ada kesempatan atau dilirik oleh partai politik. Padahal mereka juga memiliki kredibilitas, beda dengan yang memang berkecimpung di dunia politik.

“Kalau semua calon berasal dari kalangan politisi, nanti akan seperti pemilihan calon legislatif, makanya kita harus buat alternatif lain. Kalau bisa muncul dari masyarakat, misalnya yang sudah berkiprah di Kaltara dengan kegiatannya, bisa juga dari pebisnis dan pengusaha. Nantinya ini bisa di-combine antara politisi dengan pengusaha, pebisnis, tokoh masyarakat, agama, pemuda, maupun dari latar belakang lainnya. (*)

Reporter : Sofyan Ali Mustofa

Editor : Hariadi