Bulungan

Satpol PP Tertibkan Baliho Tak Berizin di Tanjung Selor

DITERTIBKAN - Satpol PP tampak menurunkan baliho yang di kawasan Tugu Cinta Damai, Selasa (14/1/2020). (Foto: Fathu Rizqil Mufid/ Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, korankaltara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bulungan melakukan penertiban sejumlah baliho di Tanjung Selor, Selasa (14/1/2020). Penertiban dilakukan bersama instansi terkait lainnya, termasuk kepolisan dan TNI, serta Pol PP Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Berdasarkan pantauan korankaltara.com, tim gabungan, mulai bergerak sekitar Pukul 09.45 Wita. Tim dibagi atas tiga kelompok, dimana tim A jalur Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Sabanar Lama; tim B Jalur Tugu Cinta Damai menuju Jalan Sengkawit hingga depan RSUD; dan tim C dari Telur Pecah hingga Jelarai.

Kasat Pol PP Bulungan, Marulie menyatakan, penertiban tersebut adalah bentuk penegakan aturan. Khususnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 25 Tahun 2002 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

“Saya minta jangan ada pilih kasih di lapangan. Baliho siapapun (termasuk) yang berbau politik turunkan bawa ke sini (Kantor Pol PP Bulungan). Saya tidak ingin ada anggota saya yang menghalang -halangi penurunan baliho. Satu tekad untuk kepentingan umum,” tegasnya saat memberikan arahan sebelum menggelar operasi.

Kepada pewarta, ia menilai baliho yang banyak terpasang melanggar Perda. Sebagian besar tidak berizin sehingga pihaknya berhak untuk melakukan penertiban.

“Kita sebelumnya sudah lakukan sosialisasi melalui media massa dan Facebook (media sosial). Karena tidak ada gerakan (penurunan) dari mereka, bahkan sampai saat ini bertambah banyak. Makanya kami turun untuk menertibkan,” jelasnya.

Hingga berita ini dinaikkan, proses penertiban masih terus berlangsung. Tim di lapangan menurunkan sejumlah baliho yang dinilai melanggar Perda. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari