Bulungan

Realisasi Keuangan 2019 Baru 50 Persen Lebih

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran KaltaraRealiasasi keuangan APBD Bulungan 2019, hingga kini masih berkisar 50 persen lebih. Meski begitu Bupati Bulungan H Sudjati mengaku optimis bisa menuntaskan realisasi keuangan tersebut, secara maksimal pada akhir tahun ini.

Bupati mengatakan, perlu adanya sinergi dari seluruh OPD di lingkup Pemkab Bulungan, untuk bisa mempercepat realisasi. Baik kegiatan fisik maupun keuangan. Dalam berbagai agenda pembangunan yang ada, dirinya juga mengingatkan agar selalu digenjot capaiannya.

“Capaian realisasi kita upayakan bisa dimaksimalkan. Sementara untuk keuangan bisalah itu  tuntas nanti,” ujarnya. Sejumlah kegiatan yang sudah diagendakan, lanjut bupati, diharapkan bisa tercapai dan terlaksana. Baik dalam hal ini kegiatan pembangunan fisik maupun pengembagan SDM (sumber daya manusia), guna meningkatkan pelayanan publik. Meskipun dirinya menilai kinerja OPD di Bulungan sejauh ini sudah cukup baik. Hanya saja masih perlu terus ditingkatkan, agar capaian bisa terus meningkat.

Terkait realisasi keuangan, terpisah Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) P Tumanggor, menyebut, hingga saat ini baru sekitar 50 persen lebih. ”Biasanya di November dan Desember itu akan drastis peningkatan realisasinya. Ini sekarang masih belum,” ungkapnya.

Menjelang akhir tahun, Tumanggor mengatakan, setidaknya ada waktu kurang dari dua bulan untuk menuntaskan realisasi anggaran tahun 2019 kali ini. Dirinya masih optimis meskipun dengan waktu yang ada, realisasi masih bisa terkejar.

“Masih bisa, karena paling besar itu biasanya di Desember, kalau kata lain disebut “Desember Ceria”. Karena misalnya seperti kontrak proyek sekali realisasi Rp5 miliar begoitu. Nah kalau sebelumnya ini masih yang kecil seperti untuk ATK, masih yang jumlahnya kecil,” imbuhnya. Seperti halnya tahun sebelumnya, dimungkinkan tidak ada Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) pada 2019 ini. (*)

Reporter : Nurjannah

Editor : Eddy Nugroho