Headline

Proses Seleksi Ditarget Dua Bulan

Sekprov Kaltara, Suriansyah
  • Agustus Direksi BUMD Ditetapkan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) kembali melakukan seleksi terhadap dua Direksi Badan Usaha Milik Daerah BUMD yang sebelumnya juga dibuka tahun lalu. Direksi untuk BUMD yaitu PT Benuanta Kaltara Jaya (BKJ) dan PT Migas Kaltara Jaya (MKJ).

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Suriansyah mengatakan, seleksi kedua kalinya untuk pengisian jabatan direksi BUMD sudah dibuka untuk umum sejak 11 Juni 2019 lalu. Sebagaimana diketahui, dilakukannya seleksi ulang karena pada seleksi pertama tahun lalu, sesuai hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Calon Direksi, belum ada bakal calon Direksi yang memenuhi kualifikasi. Yaitu berdasarkan Pasal 20 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2018, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau anggota Komisaris dan anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

Ia menyebutkan, pihaknya telah mengumumkan secara terbuka dengan Surat Pengumuman Nomor 002/PS/VI/2019 tentang Seleksi Calon Direksi BUMD Provinsi Kaltara. Seleksi terbuka dilaksanakan mulai tanggal 11 juni dan berakhir pada 25 juni 2019 mendatang. “Kita persilakan bagi yang penuhi syarat bisa mendaftarkan dirinya karena ini terbuka untuk umum,” katanya.

Untuk masa waktu proses seleksi, Suriansyah mengatakan akan memakan waktu sekitar dua bulan lamannya. Terhitung mulai dari proses pendaftaran, penjaringan bakal calon hingga proses seleksi dan semua tahapan sampai pada penetapan. “Kalau semua berjalan sesuai jadwal, maka sekitar Agustus tahun ini sudah bisa ada direksi yang ditetapkan,” ungkapnya.

Adapun untuk jabatan calon komisaris dua BUMD itu, sebutnya, dari hasil seleksi tahun lalu, sudah terpilih 2 orang. Keduanya telah dinyatakan lolos seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan. Hanya saja, untuk masuk ke tahapan selanjutnya, calon komiaris ini menunggu tahapan seleksi direksi berlangsung. “Karena masih ada sesi wawancara, dan nanti akan bersamaan dengan wawancara calon direksi,” bebernya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Nurul Lamunsari