Malinau

Polres Malinau Gelar Sertijab Kasat Binmas

Kapolres Malinau AKBP Agus Nughara memimpin sertijab dan melepas perwiranya ke Polda Kaltara. (foto: Sulaiman/Koran Kaltara)

MALINAU, Koran Kaltara Kepolisian resort (Polres) Malinau menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala Satuan (Kasat) Binmas dan melepas Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) ke Polda Kaltara, pada Senin (2/12/2019) pagi.

Kasat Binmas Iptu Munawan mendapatkan promosi jabatan sebagai KAUR Kermalem Subbid Sunluhkum Bidkum Polda Kaltara. Sedangkan penggantinya, Iptu H Muhammad Sapawi sebelumnya menjabat Ps Kasubbag Progar Bagian Ren Polres Malinau.

Selain itu, Kabag Ren Polres Malinau diisi Komisaris Polisi (Kompol) Muhammad Arif pindah tugas di Polda Kaltara dengan jabatan baru Kepala PSKT Polda Kaltara. Alhasil jabatan Kabag Ren di lingkungan Polres Malinau masih kosong.

Ditemui Koran Kaltara, Kapolres Malinau AKBP Agus Nughara mengaku bahwa mutasi merupakan hal biasa dilakukan di tubuh organisasi Polri. Ini terkait dengan penyegaran organisasi.

“Sekaligus mempromosikan mereka sebagai perwira di lingkungan Polri,” katanya.

Dia menyampaikan, yang mendapatkan promosi jabatan ke Polda ada 2 perwira, yakni jabatan bagian perencanaan (Kabag Ren) dan Kasat Binmas.

“Kami harapkan kedua perwira yang ditugaskan ke Polda dapat menjalankan amanah serta tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Polri,” ungkapnya.

Sementara iru Kasat Binmas yang baru, lanjut Agus, agar dapat menindaklanjuti program-program yang telah dilaksanakan pejabat sebelumnya. “Paling tidak, harus fokus pada kegiatan-kegiatan bersifat preventif dan sosialisasi. Terpenting bagaimana memberikan pembinaan kepada masyarakat,” ujarnya.

Apalagi, kata Agus, pejabat baru di Satbinmas harus all out menjelang natal dan tahun baru untuk dapat menjaga kondusifitas Kamtimbas di wilayah hukum Polres Malinau. “Jadi pejabat yang baru harus memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi dan kehati-hatiannya. Apalagi jelang natal dan tahun baru serta dengan musim hujan begini. Harus lebih giat lagi,” jelasnya.

Dia mengajak seluruh element masyarakat dapat menjaga situasi Pilkada serentak nantinya. “Mari kita laksanakan Pilkada serentak itu dengan aman dan jujur. Terutama untuk tidak mudah menerima informasi-informasi berita atau hoax yang dapat meresahkan masyarakat. Nah disitu nanti peran Binmas,” pungkasnya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : Sobirin