Hukum Kriminal

Polisi Segera Panggil Pemilik THM

Razia gabungan TNI dan Polri di THM, mendapati anak di bawah umur dan satu orang oknum anggota aparat keamanan, Sabtu (29/2/2020). (Foto : Sahida/Koran Kaltara)
  • Temukan Anak di Bawah Umur dalam Razia

TARAKAN, Koran Kaltara – Enam anak di bawah umur kembali didapati berada di salah satu Tempat Hiburan Malam (THM) di Tarakan, Sabtu (29/2/2020). Masih berstatus pelajar, keenamnya tertangkap basah tim gabungan TNI dan Polri sedang bersembunyi di dalam toilet.

Dalam razia kali ini, tim gabungan menyasar tiga THM berbeda untuk mencari kemungkinan adanya peredaran narkoba.

Kapolres Tarakan Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Reskoba Polres Tarakan AKP Sudaryanto mengatakan, enam orang di bawah umur ini ditemukan di THM Bahtera. Dalam kantong celana salah satu pelajar ini bahkan ditemukan tisu magic.

“Kita bawa ke Polres untuk dilakukan pembinaan. Lalu akan dipanggil orangtuanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya pelajar ini akan diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak lagi mendatangi THM atau melakukan perbuatan yang terlarang. Termasuk orangtua juga akan diminta untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak masuk dalam pergaulan bebas.

Mengantisipasi anak di bawah umur masuk ke THM, ia memastikan dalam waktu dekat akan melakukan pemanggilan kepada pemilik THM. “Nanti pemilik THM ini kita panggil, selain untuk meningkatkan pengawasan masuknya anak di bawah umur, kita juga akan minta pertanggungjawabannya jika ke depannya ada ditemukan lagi,” tegasnya.

Selain anak di bawah umur, Sudaryanto menuturkan, saat melakukan razia gabungan tim juga mendapati satu oknum anggota yang kedapatan berada di THM Hokky. Oknum anggota ini turut diperiksa tim gabungan. “Selanjutnya oknum anggota ini dikembalikan ke satuannya, untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, razia gabungan ini dilakukan oleh Dit Resnarkoba Polda Kaltara, Sat Resnarkoba Polres Tarakan, BNNP Kaltara, BNNK Tarakan dan TNI. Razia ini, merupakan Operasi Kayan 2020 dengan sasaran peredaran narkoba yang diindikasikan marak terjadi di THM.

“Tidak hanya THM yang kita razia, tempat karaoke dan kafe juga diperiksan, dimana pengunjungnya ikut diperiksa dan dilakukan tes urine,” pungkas Kasat Reskoba.

Sudaryanto menjelaskan, untuk razia kali ini tim gabungan menyaras THM Jaguar, Hokky dan Bahtera. Beberapa hari sebelumnya, tim gabungan juga melakukan razia di sejumlah tempat yakni Karaoke Fantasy Memori dan rumah makan atau Kafe Wolio di Kelurahan Sebengkok.

“Hasil razia yang dilakukan kali ini, termaksud beberapa hari sebelumnya nihil, anggota tidak menemukan adanya pengunjung positif menggunakan narkoba,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Hariadi