Bulungan

Perlu Perpaduan untuk Bangun Wisata Kaltara

Foto: Ilustrasi/Interet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara Rektor Universitas Kaltara (Unikaltar) Tanjung Selor, Prof Dr H Abdul Jabarsyah Ibrahim MSc mengungkapkan, untuk membangun wisata yang tersedia di Kaltara ini, perlu ada perpaduan antara pemerintah melalui dinas-dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya. Seperti kata dia, transportasi yang mempuni harus dibangun oleh dinas perhubungan, peningkatan kualitas jalan oleh Dinas PUPR, begitu pun dengan bidang-bidang lainnya.

Begitu pun even-event atau pesta rakyat, yang bisa memancing para wisatawan, baik lokal maupun luar negeri, menurut dia harus digalakkan. “Kegiatan-kegiatan kebudayaan, seharusnya terus dilakukan. Bisa di beberapa daerah secara bergantian. Minimal dalam setahun, satu kali pesta rakyat yang dilakukan. Itu pasti akan memancing para wisatawan. Dan yang paling penting juga, akses jalan menuju lokasi pesta rakyat itu juga harus dibangun. Jadi, memang perlu ada perpaduan dari pemerintah melalui dinas terkait untuk memajukan wisata kita,” katanya kepada Koran Kaltara.

Dikunjunginya Kaltara dari wisatawan asing, diakuinya sangat berpotensi. Mengingat, Kaltara yang secara geografis berada di garis perbatasan, menjadi poin tersendiri untuk kedatangan wisatawan asing. Hanya saja, memang itu harus didukung dengan kegiatan-kegiatan kebudayaan yang sifatnya menasional serta didukung dengan akses yang mempuni.

Tidak hanya itu, kegiatan itu juga pastinya akan berdampak bagi masyarakat lokal sendiri. Terutama untuk peningkatan ekonomi masyarakat lokal, serta masyarakat tak perlu lagi kedaerah lain ketika hanya akan berwisata.

“Sebenarnya harus ada agenda kebudayaan memang. Kita cegah dulu masyarakat kita keluar, hanya untuk berwisata. Supaya, uang itu habis dibelanjakan di Kaltara saja. Dengan begitu, ekonomi masyarakat juga pasti akan meningkat,” jelas dia.

Di sisi lain, imbuhnya, semua itu harus ditunjang dengan moda transportasi yang mumpuni. Juga akses yang baik. Pengunjung dari luar provinsi maupun dari luar negeri, tidak akan kebingungan ketika transportasi sudah ada. (*)

Reporter : Ramlan
Editor : Eddy Nugroho