Headline

Peran Masyarakat Dorong Pembangunan Ekonomi

Pemerintah berharap, masyarakat berperan dalam pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan peluang yang ada. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Peluang Bisa Diciptakan, Tergantung Pelaku Usaha

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara  Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa meningkat, bahkan mencapai 7,00 persen. Hal tersebut ditekankan oleh Gubernur Irianto Lambrie, sehingga setiap organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan bisa memaksimalkan semua potensi.

Dikonfirmasi media, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltara Hartono mengungkapkan, semua pihak berperan untuk mendorong pembangunan di bidang ekonomi. Tidak terkecuali bagi masyarakat, khususnya yang bergerak di sektor usaha. Apalagi, Kaltara memiliki potensi besar untuk pengembangan usaha, baik di tingkat mikro hingga usaha menengah ke atas.

“Peran masyarakat dalam mendukung pembangunan ekonomi sangat besar. Apalagi untuk usaha kecil dan menengah bisa dikembangkan lebih maksimal. Kita pemerintah tentu terus mendorong dan melakukan pembinaan terkait hal itu,” ujarnya, Senin (20/1/2020).

Ia menegaskan, peluang bisa diciptakan. Namun hal itu tergantung pada pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah. Namun, tidak menutup kemungkinan, usaha dengan skala besar juga bisa menjadi peluang untuk dimanfaatkan.

“Sebagai daerah yang terus berkembang, apalagi ekonomi kita yang dinilai makin baik, pasti ada peluang usaha di dalamnya. Ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat kita di Kaltara. Misalnya bagi pelaku usaha kecil atau yang mikro dan menengah, silakan tingkatkan usahanya dengan memanfaatkan momen yang ada. Kalau ada peluang usaha besar, juga lebih bagus,” jelasnya.

Sementara itu, tidak dipungkiri geliat investasi di provinsi termuda di Indonesia ini, juga berdampak pada pembangunan ekonomi. Pasalnya, dengan adanya investasi, terjadi perputaran ekonomi di daerah.

“Semakin besar investasi, maka semakin besar pula peluangnya. Tergantung bagaimana (masyarakat) kita memanfaatkannya. Tentu kami juga terus mendorong sekaligus membina khususnya bagi pelaku UMKM yang ada di Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Nurul Lamunsari