Politik

Penyelenggara Diminta Ikuti Arahan Pihak Berwenang

KPU Kaltara mengimbau agar penyelenggara menjaga kesehatan dan mengikuti arahan pihak berwenang. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Terkait Corona, KPU Kaltara Sudah Komunikasi dengan KPU RI

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan KPU RI terkait wabah virus Corona yang terjadi di Indonesia. Pasalnya, beberapa waktu ke depan, ada sejumlah tahapan Pilkada serentak, dimana penyelenggara akan bersentuhan langsung dengan banyak pihak.

“Seperti yang kita ketahui beberapa waktu ke depan, KPU akan melaksanakan tahapan yang petugasnya secara langsung bersentuhan dengan banyak pihak. Di antaranya pelaksanaan verifikasi faktual dukungan perseorangan. Yang kedua, dalam waktu dekat juga kami akan merekrut petugas coklit pemutakhiran data pemilihan pada pemilihan serentak 2020,” jelasnya.

Lanjutnya, masifnya wabah Covid-19 turut menjadi perhatian KPU Kaltara. Terlebih dengan langkah antisipatif sejumlah pihak, sehingga penyelenggara di daerah akan menunggu keputusan KPU RI.

“Bagaiamana sikap kita, terhadap persoalan virus corona ini. Apakah kemudian melakukan langkah strategis atau bagaimana ke depan. Informasinya hari ini (kemarin, Red.) KPU RI melaksanakan pleno, kami juga masih menunggu arahan (KPU RI) itu,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tidak tinggal diam. Bahkan KPU Kaltara sudah memberikan arahan kepada KPU di kabupaten dan kota agar penyelenggara adhoc baik PPK hingga ke PPS agar tetap menjaga diri.

“Kami juga sembari menunggu, terkat langkah strategis ke depan. Kami sudah meminta KPU kabupaten/kota menyampaikan kepada penyelenggara adhoc ke bawah, untuk mengikuti arahan-arahan dari pihak berwenang, terkait langkah antisipatif untuk menghidarkan diri dari terjangkit virus Corona ini,” terang Surya-sapaan akrab Ketua KPU Kaltara.

Selain itu, melalui KPU kabupaten dan kota, juga mengimbau kepada penyelenggara adhoc agar melindungi diri, keluarga dan lingkungannya. Yakni dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan pola hidup sehat.

“Kemudian sebisa mungkin, jika tidak ada keperluan mendesak, menjaga pertemuan yang sifatnya berada pada areal publik. Sedangkan bagaimana terkait tahapan, kita menunggu hasil KPU RI,” tutupnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Hariadi