Ekonomi Bisnis

Pengusaha Lokal Didorong Lebih Mandiri

Hendra Adi Djaya

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah pengusaha lokal di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) mengikuti agenda Project Investment Coaching Kaltara yang digagas oleh 99 Production bekerjasama dengan DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bulungan. Kegiatan yang berpusat di Hotel Grand Pangeran Khar tersebut menghadirkan CEO PT Republik Global Investama (REP Global) Mohamad Arifin sebagai narasumber.

Ketua penyelenggara Hendra Adi Djaya mengungkapkan, selama ini banyak kegiatan alias proyek yang dikerjakan di Kaltara. Namun, tidak semua pengusaha lokal terakomodir.

“Selama ini kita jalan sendiri-sendiri, sehingga banyak diantara kita hanya jadi penonton. Padahal banyak proyek-proyek pemerintah,” katanya, Sabtu (28/12/2019).

Oleh sebab itu, lanjut Hendra, pihaknya mendorong agar pengusaha lokal bisa lebih mandiri. Tidak tergantung hanya kepada proyek pemerintah.

“Kita harus menciptakan proyek sendiri dan membuka peluang kerja sama dengan investor,” tegasnya.

Sementara itu, CEO REP Global M Arifin mengemukakan, potensi sumber daya alam di Bulungan, Kaltara sangat melimpah.

Berdasarkan pengalamannya yang pernah mendatangkan investasi bernilai jutaan dolar ke Indonesia, ia yakin ada peluang kerja sama pengusaha lokal dengan pemodal.

“Selama ada SDM (sumber daya manusia) apalagi ada sumber daya alam yang dikelola, investor pasti mau. Tergantung respon dari masyarakat, khususnya pemerintah dan pengusahanya. Tentu sesuai aturan dan harus profesional,” jelasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Didik