Bulungan

Pemkab Diminta Data Tempat Kos dan Kontrakan

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan, Hamka menyampaikan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dinilai perlu melakukan pendataan ulang mengenai semakin bertambahnya jasa penyedia kos dan kontrakan di daerah ini.

Dikatakan Hamka, pendataan penting dilakukan agar keberadaanya tidak melanggar ketentuan dan memberi dampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). “OPD yang membidangi harus ada pendataan lagi. Kemudian disesuaikan dengan regulasi yang ada terkait penataan ruang dan kota serta kewajiban pajak atau retribusi,” kata Hamka saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Senin (9/9/2019).

Lanjutnya, pendataan ulang memang perlu lebih difokuskan pada wilayah Tanjung Selor dan sekitarnya. Mengingat di lokasi tersebut dewasa ini menampung banyaknya masyarakat dari luar daerah. Baik yang bekerja di lingkup pemerintahan, swasta ataupun berwirausaha.

“Utamanya memang di Tanjung Selor yang juga sebagai Ibukota Kaltara. Artinya semua biar tertib dan indah,” tambahnya. Mengenai regulasi tata kelola untuk mengantisipasi  semrawutnya Tanjung Selor, Hamka menjelaskan sebenarnya sudah diatur dalam dokumen tata ruang Kabupaten Bulungan. Adapun untuk saat ini, proses revisinya masih menunggu revisi. “Kawasan pemukiman ini sudah diatur dalam tata ruang. Tapi untuk saat ini kan prosesnya masih revisi. Bola nya ini sudah ada di DPRD. Tinggal menunggu terpilihnya unsur pimpinan definitif,” ujarnya.

Hamka juga mengingatkan agar pemilik jasa kos dan kontrakan tetap mengindahkan pendirian bangunan yang ramah lingkungan. Terutama mengenai sistem drainase dan juga area resapan tanah. Sehingga bisa meminimalisir persoalan lingkungan yang marak terjadi di kota besar.

“Pengawasan mengenai dokumen penghuni juga harus sangat diperhatikan. Jangan sampai ada yang tidak terdata dengan lengkap. Karena rawan menimbulkan persoalan lain, terutama kasus kriminalitas,” tutup Hamka. (*)

Reporter : Agung Riyanto
Editor : Eddy Nugroho