Kaltara

Pemesan Sabu 9 Kg dari Nunukan Ditangkap di Makassar

Penangkapan sabu 9 kg dari Nunukan. (Foto: Istimewa)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara berhasil mengamankan seorang tersangka lagi, dalam kasus percobaan penyeludupan narkotika jenis sabu seberat 9 kilogram (Kg) di Kelurahan Nunukan Timur, Selasa (26/11/2019) lalu. Penangkapan  tersangka yang diketahui berinisil S dilakukan pada Kamis (28/11/2019) di sebuah hotel di Kota Makassar, Sulsel.

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Dir Resnarkoba, Kombes Pol Adi Affandi mengungkapkan, penangkapan terhadap tersangka S merupakan hasil pengembangan yang dilakukan tim penyidik dari Dit Resnarkoba Polda Kaltara dan Sat Reskoba Polres Nunukan, atas pengungkapan sabu seberat 9 Kg Selasa pekan lalu.

Dari hasil introgasi awal yang dilakukan terhadap 3 tersangka yang sudah diamankan, mereka mengaku hanya sebagai kurir. Sedangkan, otak yang menggerakkan dan pemesan sabu tersebut diduga adalah S.

“Dia (S) memang yang pesan barang itu (Sabu 9 Kg, red). Ini (penangkapan S) hasil pengembangan yang kita lakukan. Karena kita kembangkan kasus ini sampai ke Sulbar,” katanya, Senin (2/12/2019) saat dikonfirmasi Koran Kaltara.

Tersangka S, kata Adi, diduga merupakan pemain lama yang selama ini kerap memesan sabu-sabu dari Tawau, Malaysia untuk kemudian diedarkan di seputaran Pulau Sulawesi. Penangkapan terhadap S, lanjut dia, juga berkat koordinasi yang dibangun dengan jajaran Polda Sulsel.

Setelah ditangkap, untuk proses penyidikan selanjutnya, akan diserahkan ke jajaran Sat Reskoba Polres Nunukan. Termasuk juga tersangka S yang akan diserahkan langsung ke jajaran Sat Reskoba untuk ditahan. “Nanti diserahkan semua ke Polres Nunukan (Sat Reskoba). Tapi tetap akan kita back up juga. Tersangka S dari Makassar langsung dibawa ke Nunukan,” ujarnya.

Sebelum penangkapan S, kepolisian terlebih dulu mengamankan tiga orang tersangka yang diduga hanya kurir. Ketiga tersangka yang diketahui berinisial KA, SK, dan AM diamankan di Jalan Pelabuhan Baru, tepatnya di belakang kantor Imigrasi Lama Kelurahan Nunukan Timur. Pengungkapan ketiga tersangka asal Kabupaten Polman itu berawal laporan adanya pria yang dicurigai membawa sabu-sabu dari Malaysia. Ketiganya diamankan disebuah ruman salah satu penumpang kapal yang berada di tempat kejadian perkara (TKP).

Dalam pengungkapan itu, polisi menemukan sabu-sabu seberat 9 Kg yang tersimpan di dalam ember cat berwarnah putih sebanyak 3 buah. Dalam ember cat berukuran besar, polisi menemukan 6 bungkus plastik besar yang ternyata berisi sabu. Sementara ember yang berukuran sedang, polisi menemukan 3 bungkus plastik sabu. (*)

Reporter : Ramlan

Editor : Eddy Nugroho