Headline

Pembangunan Daerah yang Terintegrasi

Pembangunan di Provinsi Kaltara terus dilakukan, dan pemerintah berupaya agar semakin terintegrasi. (Foto: Fathu Rizqil Mufid)
  • Tingkatkan Pemerataan Ekonomi hingga ke Tingkat Desa

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tengah melakukan pembangunan di semua sektor. Terhadap geliat ekonomi daerah yang dinilai membaik, pemprov mengarahkan agar pembangunan tersebut lebih terintegrasi.

Dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltara Syaiful Herman, pembangunan terintegrasi semua sektor dan wilayah terus dilakukan. Mulai dari daerah ibukota kabupaten dan kota hingga ke perdesaan sebagai bentuk pemerataan. “Untuk pembangunan yang terintegrasi tentu perlu peran vital semua instansi dan lembaga. Kita mendapat dukungan dari pusat, tapi daerah juga harus makin bersinergi,” katanya, Kamis (11/7/2019).

Ia menilai saat ini sejumlah instansi di provinsi terus berperan dalam pembangunan. Hal tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. “Program yang saling berkaitan dan mendukung itu penting untuk pembangunan. Jadi semua sektor bisa terpenuhi,” tegasnya.

Diterangkannya, Kaltara yang merupakan provinsi dengan jumlah desa yang cukup banyak juga harus menjadi perhatian semua pihak. Tidak hanya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, instansi terkait lainnya seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan instansi lain juga harus bersinegi. Sehingga bisa mewujudkan pembangunan yang terintegrasi dan merata.

“Misalnya dengan memberikan bantuan benih dan pupuk untuk menciptakan swasembada pangan di desa oleh Dinas Pertanian. Kemudian infrastruktur desa dibangun. Tentu pemerintah provinsi juga harus mendapat dukungan daerah dan pusat,” sebutnya.

Terlebih, menurut Syaiful, investasi yang masuk di Kaltara kian meningkat. Daya saing masyarakat juga harus dikembangkan melalui persiapan sumber daya manusia yang andal. Oleh karena itu pendidikan menjadi hal utama untuk dikembangkan. “Jadi peningkatan ekonomi daerah melalui pembangunan yang terintegrasi bisa dicapai. Tentu dengan dukungan semua pihak, termasuk masyatakat secara umum,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fathu Riqil Mufid

Editor : Nurul Lamunsari