Headline

Pastikan Laporan Ditindaklanjuti

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, DLH Kaltara Marni Karsim mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki website tempat warga untuk melaporkan atau mengadukan masalah lingkungan. Aplikasi tersebut bahkan dapat di unduh melalui Playstore di smartphone yang dimiliki warga, untuk memudahkan pengaduan sekaligus mengajak masyarakat turut andil dalam menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar.

Ia menjelaskan, melalui aplikasi bernama Simpel (Sitem Pelaporan), siapa saja bisa melaporkan pelanggaran yang ditemui. Namun ia menegaskan, agar setiap pelapor menyertakan nama dan alamatnya yang jelas agar mudah untuk dilakukan kroscek serta sewaktu waktu akan dihubungi.

“Jadi silakan masuk di laman pelaporan. Di dalamnya ada laporan pengaduan. Nanti tinggal isi identitas lengkap dengan alamatnya. Pelapor tidak perlu khawatir, identitasnya kami rahasiakan. Karena pelapor tidak bisa digugat, baik dari sisi perdata maupun pidana,” ujarnya, Selasa (25/6/2019).

Lanjut Marni, objek laporan pun bebas. Bisa berupa perusahaan yang diduga melakukan pelanggaran soal lingkungan, dapat pula perorangan yang ditemui mencemari lingkungan. Pihaknya memastikan, akan turun lapangan dan menindaklanjuti laporan tersebut. “Setelah kami lihat laporannya, kami akan tindak lanjuti dan melakukan verifikasi. Contoh, minggu lalu ada kami cek karena ada laporan, katanya perusahaan jebol tanggulnya,” bebernya.

Sementara itu, ia berharap masyarakat bisa membantu pemerintah dalam hal pengawasan lingkungan. Pasalnya, dengan personel terbatas, adanya aduan masyarakat sangat membantu kerja-kerja pengawasan di lapangan. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment