Hukum Kriminal

Operasi Ramadan, Puluhan Liter Ciu dan Senpi Rakitan Diamankan

Tampak miras jenis ciu yang diamankan oleh pihak Polres Bulungan selama Ramadan. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Operasi selama bulan Ramadan 1440 H kali ini, jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Bulungan berhasil mengamankan ratusan liter minuman keras (miras) jenis ciu, pada Sabtu malam (25/5/2019) lalu. Tiga Polsek yang berhasil mengamankan miras jenis ciu itu adalah, Polsek Sekatak, Polsek Tanjung Palas Timur dan Polsek Tanjung Palas Utara.

Kapolres Bulungan, AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kabag Ops Polres Bulungan, AKP Firman Syahrul mengatakan, operasi selama bulan Ramadan itu dilakukan guna menciptakan kondisi yang aman dan kondusif. Operasi itu sebenarnya, dilaksanakan di seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Bulungan. Selain menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, operasi itu juga instruksi langsung dari Kapolri, Jenderal Tito Karnavian yang disampaikan melalui Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit.

“Selain miras yang kami razia, kita juga melakukan razia ke hotel-hotel bersama dengan instansi lainnya. Ini sebagai upaya dalam menciptakan suasana yang kondusif dan aman. Apalagi pasca pemilu, keamanan semakin kita perketat untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” katanya, kepada Koran Kaltara.

Selain mengamankan miras jenis ciu, pihaknya juga mengamankan beberapa pucuk senjata api (senpi) rakitan jenis laras panjang. Hanya saja, senpi diserahkan langsung oleh masyarakat dan bukan hasil sitaan dari anggota kepolisian. Untuk penyitaan miras jenis ciu itu sendiri, Firman menjelaskan bahwa, hal itu merupakan langkah preventif kepolisian. Karena, menurut dia, miras merupakan salah satu penyebab gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Apalagi, selama bulan Ramadan, keamanan masyarakat harus terjamin, sehingga tidak merusak kesucian bulan puasa ini dengan merusak akhlak keagamaan.

“Ada juga beberapa senpi tanpa amunisi yang kita amankan. Tapi itu semuanya, warga yang serahkan langsung. Kalau ciu inikan, memang menjadi atensi Kapolres dari awal. Tapi mudah-mudahan dengan penangkapan ini, aktivitas masyarakat yang suka mengonsumsi miras ini tidak terulang lagi. Miras ini sebenarnya bisa menyebabkan adanya gangguan kamtibmas karena bisa menimbulkan perkelahian. Kan pasti mengganggu orang lain dan dampaknya juga sangat tidak baik,” jelas Firman. (*)

Reporter : Ramlan

Editor : Hariadi