Politik

Nyalon di Provinsi atau Kabupaten? JLI : Terserah

Ketua DPD PDI Perjuangan Jhonny Laing Impang, menyatakan diri siap maju sebagai kandidat pada Pilkada 2020 mendatang. (Foto: Fathu Rizqil Mufid)
  • Pilkada 2020, PDI Perjuangan Utamakan Kader

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020, sejumlah figur di daerah yang ikut dalam kontestasi politik mulai bersiap-siap. Tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan empat kabupaten di Kaltara, yakni Bulungan, Nunukan, Malinau dan Tana Tidung.

Sejumlah nama mulai menjadi perbincangan, dan beberapa tokoh menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon. Bahkan partai politik mulai membuka penjaringan kepada figur yang hendak mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah.

Partai pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan, saat ini tengah membuka penjaringan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara. Demikian dikatakan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltara, Jhonny Laing Impang, kepada Koran Kaltara.

Sebagai ketua partai berlambang kepala banteng di Bumi Benuanta – sebutan lain Kaltara tersebut, nama Jhonny Laing Impang alias JLI juga disebut-sebut masuk dalam bursa Pilkada tahun depan.

Dikonfirmasi terkait hal ini, anggota DPRD Kaltara periode 2014 – 2019 tersebut mengaku bersedia. “Kalau kita selalu siap,” katanya.

Apalagi, lanjut Jhonny, berdasarkan instruksi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, sebagai partai pemenang, harus mengusung kader dalam pesta demokrasi lima tahunan di tiap daerah.

Terlebih, di Kaltara, PDI Perjuangan juga menduduki kursi Ketua DPRD Kaltara periode 2019 – 2024 dengan modal 5 kursi.

“Kalau kemarin (Pilkada 2015) kita memenangkan 100 persen (se-Kaltara), kita harapkan kita juga harus memenangkan (Pilkada 2020). Persyaratannya adalah kita utamakan kader,” ungkapnya.

Belum lama ini, JLI menyatakan dirinya siap untuk mencalonkan diri di Pilgub Kaltara melalui salah satu media lokal. Namun, namanya juga masuk dalam bursa Pilbup Kabupaten Malinau. Provinsi atau kabupaten? “Terserah, pilkada provinsi juga kita siap,” jawab kepada wartawan.

Sementara itu, selain adanya peluang menjadi salah satu kandidat kepala daerah, sebagai pimpinan partai, ia juga memiliki tanggungjawab pemenangan. Yaitu, memenangkan pilkada di seluruh daerah di Kaltara yang ikut dalam kontestasi politik mendatang. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Hariadi