Nunukan

Lima Bacabup Nunukan Daftar ke PKS

MENDAFTAR : Salah satu bakal calon Bupati Nunukan saat mendaftar di DPD PKS Nunukan, belum lama ini. (foto: Asrin/Koran Kaltara)
  • Proses Penjaringan dan Pengusungan Bakal Transparan

 NUNUKAN, Koran Kaltara – Lima Bakal Calon Bupati (Bacabup) Nunukan telah mendaftar ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Nunukan. 2 Bacabup dari internal partai dan 3 Bacabup dari eksternal.

Dari internal partai, yakni M Nasir dan Burhanuddin. Sedangkan dari eksternal partai, yaitu H Danni Iskandar, H Basri dan H Mashur.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD PKS Nunukan Syafaruddin, S.Pi  kepada Koran Kaltara, kamis (13/2/2020). “Sampai saat ini, masih tahap penjaringan. Dan, sudah ada lima nama yang mendaftar ke PKS,” ungkap dia.

Menurut dia, dari 5 Bacabup yang mendaftar,  PKS hanya akan mengusung 1 nama. Dan, kelima Bacabup nanti akan disurvei DPP PKS.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan survei untuk memotret calon-calon yang ada, termasuk yang sudah mendaftar,” tambahnya.

Dia tidak menampikkan bahwa Bacabup dari internal partai akan diprioritaskan.  “Insya Allah, kedepan kita akan realistis. Jika kader memungkinkan kenapa tidak. Tapi, kalau eksternal lebih berpeluang, tentunya wajib dipertimbangkan,” ungkap dia.

Menurut dia,  PKS akan transparan saat proses penjaringan hingga pengusungan calon. Sebab, PKS tidak ingin masyarakat berpikir negatif.

“Biaya pendaftaran tidak ada. Siapa saja boleh mendaftar asalkan memenuhi persyaratan pencalonan. Kita hanya menerima pendaftaran. Lalu, ditetapkan DPW dan nanti diusung DPP,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan bahwa salah satu pertimbangan dalam survei, yakni  elektabilitas calon dari masyarakat.  Kemudian, peluang menang dan persentase kemenangan akan menjadi prirotas.

“Karena yang akan diusung adalah pilihan masyarakat bukan perorang. Untuk itu, elektabilitas calon sangat penting ketika disurvei,” pungkasnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin