Hukum Kriminal

Lagi, Gubernur Laporkan IW ke Polisi

Dir Krimum Polda Kaltara, Kombes Pol Partomo Iriananto saat memberikan keterangan pers terkait kasus dugaan pencemaran nama baik Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, Selasa (6/8/2019). (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik di Medsos

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jajaran Direktorat Kriminal Umum (Dit Krimum) Polda Kaltara, saat ini sedang melakukan penyelidikan kasus pencemaran nama baik. Dalam kasus itu, melibatkan Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie sebagai korban dan melaporkan IW yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik melalui media sosial (medsos) Facebook.

Saat dikonfirmasi, Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit melalui Dir Krimum, Kombes Pol Partomo Iriananto membenarkan adanya laporan tersebut. “Memang benar. Itu sedang kita dalami lagi,” katanya, Selasa (6/8/2019).

Partomo menjelaskan, dalam kasus itu, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang berkaitan. Bahkan, termasuk juga saksi ahli yang nantinya akan menyimpulkan jika dugaan kasus itu termasuk pencemaran nama baik melalui medsos. “Sampai saat ini, yang sudah kita mintai keterangan tujuh orang. Termasuk juga saksi ahli,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika dalam kasus itu terbukti melakukan pencemaran nama baik melalui medsos, maka pihaknya akan menentukan seorang tersangka. Penentuan tersangka itu berdasarkan pasal 310 ayat 1 KUHP atau pasal 311 ayat 1 KUHP.

Selain itu, dalam kasus pencemaran nama baik melalui medsos, juga melanggar pasal 207 KUHP dan atau pasal 45 ayat 3 junto pasal 27 ayat 3 undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Akan tetapi, Partomo mengungkapkan, pihaknya masih mendalami kasus tersebut. Beberapa saksi juga akan dilakukan pemeriksaan, termasuk IW yang dalam hal ini sebagai terlapor. “Ini semua, sementara sedang kita proses semua. Pelapornya itu, Gubernur. Kasusnya, dugaan pencemaran nama baik di medsos,” tutupnya. (*)

Reporter : Ramlan

Editor : Hariadi

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment