Politik

Lagi, Bakal Paslon Minta Akun Silon

Tampak LO dan operator dari bakal Paslon S dan F ketika ditemui Ketua KPU Bulungan Lili Suryani, Jumat (10/1/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • KPU Bulungan: Inisial S Berpasangan dengan F

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Di tengah berjalannya tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bulungan, tambah satu lagi bakal pasangan calon (Paslon) perseorangan yang minta akun di KPU. Diketahui, calon peserta pilkada yang ingin menggunakan jalur independen, sudah diperbolehkan minta akun dan password akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengungkapkan, pada Jumat (10/1/2020), terdapat bakal Paslon yang memandatkan seorang LO (penghubung) dan operator ke KPU Bulungan. Pihaknya pun langsung menerima secara resmi, selanjutnya akan ditindaklanjuti.

“Jadi ini LO dan operator baru menyerahkan mandat (dari Paslon) untuk input data (dukungan) ke Silon. Mereka ini dari Paslon inisial S berpasangan dengan F. Setelah serahkan mandat, kita instalkan Silon offline,” katanya.

Selanjutnya, setiap LO dan operator langsung mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) dari KPU untuk mengoperasikan aplikasi Silon. Khususnya tata cara menginput data ke dalamnya.

“Karena formulir B-1.KWK harus input satu persatu dulu ke dalam Silon offline. Kalau sudah masuk dukungan di setiap desa atau kelurahan, baru nanti di submit ke dalam (Silon) online,” jelas Lili-sapaan akrab Ketua KPU Bulungan.

Ia mengingatkan kembali, kepada operator bakal Paslon agar benar-benar memperhatikan proses input data. Khususnya saat submit di aplikasi Silon nantinya.

Ia menyarankan proses submit setelah memastikan semua dukungan secara keseluruhan sudah masuk di data offline.  “Sehingga data nanti tidak tumpang tindih. Karena saat submit, data terakhir yang akan terbaca,” sebutnya.

Sementara itu, dengan bertambahnya satu bakal Paslon yang minta akun, hingga kemarin total yang minta akun untuk jalur perseorangan sebanyak dua pasang. Sebelumnya pasangan inisial F dan M yang belakangan diketahui adalah Faridil Murad dan Masnur Anwar lebih dulu minta akun dan serahkan LO serta operator.

“Sementara ini sudah ada dua bakal Paslon yang minta akun. Tapi ini baru minta akun dan serahkan mandat. Untuk penyerahan dukungan nanti di Bulan Februari,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Hariadi