Food & Drinks Traveling

Kreasi Es Kopi Susu di Kedai Pendatang Baru

Kedai Kopi Kosa Kata di Jalan Gapensi, Tanjung Selor, memiliki es kopi susu sebagai menu yang direkomendasikan kepada para pengunjung. (foto: Agung/Koran Kaltara)
  • Dikombinasikan dengan Gula Aren Asli

TANJUNG SELOR – Racikan es kopi susu di Kedai Kosa Kata, bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani waktu malam anda. Baik bersama pasangan, teman-teman, keluarga atau ketika hanya ingin sendiri saja. Berlokasi di ujung Jalan Gapensi menuju Jalan Semangka, satu gelas kopi susu siap menunggu pengunjung mulai pukul 19.00 WITA.

Diajak berbincang di sela-sela menyiapkan pesanan pengunjung, Barista Kedai Kosa Kata, Ardiansyah mengatakan, es kopi susu kosa kata memang menjadi menu paling banyak dipesan sejak kedai tersebut dilaunching 2 bulan lalu.

Sebenarnya, kata Ardi, komposisi dalam satu gelas es kopi susu buatannya tidak jauh berbeda dengan es kopi susu yang ada. Namun, dirinya memilih memberi cita rasa manis dari gula aren asli.

“Sebenarnya isi es kopi susu kita ngga jauh bedanya dengan es kopi yang lain. Tapi kita memang pakai gula aren asli, bukan sachetan. Ini kita beli langsung yang memang betul-betul juga dibungkusnya dengan daun,” kata Ardi, Kamis (23/1).

Lanjut Ardi, khusus untuk susu, memilih menggunakan jenis full cream. Namun sebelum dicampurkan, terlebih dahulu susu cair tersebut disteam. Atau dilakukan penguapan menggunakan alat tertentu. Sehingga gurihnya susu bisa lebih terasa di lidah.

“Karakter susu full cream kan sebenarnya sudah manis. Tapi dengan disteam tadi, creamanya bisa lebih keluar. Jadi begitu dicampur dengan es batu, terus gula aren dan terakhir espresso, rasanya bisa lebih gurih, creaminya lebih kuat. Jadi manisnya itu manis gurih,” jelas Ardi.

Untuk espresso yang digunakan, Ardi menggunakan semua jenis biji kopi. Tapi yang lebih diutamakan adalah perpaduan antara jenis-jenis tersebut. Dengan begitu, cita rasa dari kopi bisa semakin nikmat.

“Kopinya itu espresso blend.Jadi robusta dengan arabika ini kita campur. Saya pribadi nilai bisa jadi lebih enak. Konsumen di sini juga ya Alhamdulillah suka,” tambahnya.

Selain menu minuman yang direkomendasikan di atas, Ardi menginformasikan bahwa juga ada alternatif minuman lain yang bisa dipilih. Seperti dari jenis kopi mulai dari espresso, cappuccino, cafe latte, macchiato, Americano, hazelnut, caramel, vanilla dan kopi susu. Selain itu, juga disediakan sajian kopi dengan teknik penyajian vietnam drip dan V60.

Untuk jenis non kopi, tersedia mulai dari greentea latte, greentea origin, teh Thailand, teh, teh leci, cokelat, red velvet, cookies and cream serta pisang kalem. Rata-rata harga yang dibanderol mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp20.000.

Disamping itu, lanjut Ardi, bahwa tersedia juga beberapa jenis makanan ringan sebagai menu tambahan. Seperti kentang goreng, singkong balado, singkong goreng, pisang karamel, roti panggang dan mi goreng serta rebus. Rata-rata harga untuk makanan mulai dari Rp10.000 sampai Rp17.000.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung, kedai ini buka setiap hari kecuali Minggu. DIbuka hingga pukul 23.00 WITA, dari Senin hingga Kamis. Dan hingga pukul 00.00 WITA pada hari Jumat dan Sabtu. (ag)