Politik

KPU Tarakan Belum Terima Gugatan Sengketa Pileg

Nasaruddin

TARAKAN, Koran Kaltara – Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan belum menerima gugatan sengketa pemilihan umum legislatif. Sehingga, kemungkinan besar KPU akan menetapkan nama-nama calon legislatif yang berjumlah 30 orang pada 4 Juli 2019 mendatang. Namun jika ada gugatan susulan, maka harus menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadwalkan pada 6-7 Juli 2019.

Ketua KPU Tarakan, Nasaruddin mengatakan bahwa penetapan yang sudah dilakukan oleh pihaknya hanya baru sebatas perolehan suara untuk parpol dan calon legislatif, sedangkan untuk nama-nama yang akan duduk sebagai wakil rakyat di parlemen belum bisa dilakukan karena masih menunggu registrasi dari MK.

“Kalau ada gugatan, kita akan menunggu putsan MK antara 6-7 Agustus 2019. Setelah itu baru bisa kita tetapkan nama-nama yang bakal duduk di DPRD Tarakan. Misalnya partai politik A dapat suara sekian, dan akan mendapatkan 2 kursi, nah ini nanti yang akan kita tetapkan sehingga saat ini kita belum tahu nama-nama calon legislatif yang jadi,” terangnya, Kamis (13/6/2019).

Sedangkan untuk pemilihan presiden, lanjut Nasaruddin sudah tidak lagi menjadi kewenangan KPU Tarakan karena saat ini sudah ditangani oleh KPU Republik Indonesia. Meskipun demikian, untuk melakukan pelantikan sudah bukan menjadi kewenangan KPU kota, melainkan akan diserahkan ke Gubernur Kalimantan Utara melalui DPRD kota.

“Insya Allah Tarakan tidak ada gugatan, sehingga pada awal Juli nanti kita sudah bisa umumkan nama-nama legislatif yang menjadi wakil rakyat di DPRD Tarakan. Saat ini kondisi keamanan juga masih kondusif, semoga sampai nanti ada pelantikan situasi dan kondisi tetap aman terkendali. Sehingga masyarakat tetap bisa melakukan aktivitasnya dengan normal,” ungkapnya.

Jika pada periode sebelumnya jumlah anggota DPRD Tarakan berjumlah 25 orang, namun dalam pemilu kali ini akan ada 30 anggota DPRD yang akan duduk di legislatif. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk Bumi Paguntaka yang telah mencapai diatas 200 ribu jiwa.

“Kita akan ambil 30 caleg yang memenuhi syarat untuk ditetapkan. Ada rumusnya, jadi kita tunggu saja siapa yang akan dilantik menjadi anggota dewan terhormat. Untuk saat ini kita belum bisa sebutkan, meskipun di masyarakat sudah beredar nama-nama yang bakal jadi anggota DPRD tetapi saya harapkan masyarakat bersabar menunggu penetapan dari kita,” pungkasnya. (*)

Reporter : Sofyan Ali Mustofa

Editor : Hariadi