Tarakan

KPU Kota Belum Dapat Kepastian Penetapan Caleg Terpilih

Nasaruddin

TARAKAN, Koran Kaltara Penetapan calon anggota DPRD Kota Tarakan terpilih mundur dari jadwal sebelumnya, bahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan mendapatkan Surat Edaran (SE) yang isinya melakukan penundaan hingga waktu yang belum ditentukan.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Tarakan, Nasaruddin kepada Koran Kaltara, menurutnya penundaan ini karena adanya penerbitan Peraturan Mahkmah Konstitusi (PMK) Nomor 2 Tahun 2019 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2019 tentang PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

“Penetapan calon legislatif (caleg) terpilih masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari KPU RI yang sebenarnya dalam aturan MK seharusnya 1 Juli kemarin, tetapi ada SE terbaru untuk menunggu SE selanjutnya. Dana kita baru bisa melakukan penetapan paling lambat 5 hari setelah SE keluar. Jadi sampai saat ini belum ada kepastian penetapan caleg terpilih di Tarakan,” terangnya, Kamis (11/7/2019).

Untuk mengetahui siapa yang bakal naik atau tidak KPU hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam setelah ada instruksi dari KPU RI untuk melakukan penetapan caleg terpilih, apalagi saat ini sudah ada aplikasi yang dapat melakukan penghitungan perolehan suara.

“Perolehan suara tinggal kita masukan aplikasi secara otomatis akan keluar suara siapa terbanyak dan siapa saja yang jadi legislatif. Paling hanya butuh waktu 2 jam setelah ada instruksi dari KPU RI, karena SE terakhir yang kita terima memerintahkan KPU yang ada di daerah untuk menunggu lagi, jadi kami belum bisa mengatakan kapan kepastian pentapan caleg terpilih,” bebernya. (*)

Reporter : Sofyan Ali Mustofa

Editor : Rifat Munisa