Politik

KPU Kaltara Nilai Tak Ada Kendala Pelaksanaan Rekrutmen PPK

Komisioner KPU Kaltara, Hariyadi

TARAKAN, Koran Kaltara – Pelaksanaan tahapan rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada 2020 memasuki tahapan tes wawancara.
Komisioner KPU Kaltara, Hariyadi menjelaskan, berdasarkan hasil monitoring penerimaan PPK mulai dari proses pendaftaran, tes tertulis dan tes wawancara secara umum tidak ada kendala.

“Kami menekankan kepada teman-teman KPU Kab/Kota taat regulasi yang ada,” tegas Hariyadi, Sabtu (8/2/2020).

KPU juga mengakui memang ada sedikit kendala, misal beberapa daerah seperti Malinau terkendela jadwal pesawat untuk masuk ke pedalaman. Kemungkinan tes wawancara di luar dari jadwal yang telah ditentukan.

“Kami sudah perintahkan KPU Kabupaten untuk koordinasi dengan penerbangan dan Bawaslu dalam rangka persamaan persepsi terkait hal tersebut, sehingga mereka (Bawaslu) juga paham,” ujarnya.

Koordinasi KPU dan Bawaslu di tingkat provinsi sudah dilakukan, tinggal di tingkat kabupaten dan kota.

Selain itu, kendala lain yakni ditemukannya persyaratan calon yang tidak memenuhi persyaratan di tahap tes wawancara.

“Ada yang dari awal persyaratan tidak memenuhi, ada yang sampai lolos diwawancara baru ditemukan. Nanti ada perlakuan khusus, regulasi kita tegakkan,” katanya.

Persyaratan yang tidak memenuhi, yakni soal aturan dua periode menjadi PPK dan pernah menjadi caleg 5 tahun lalu.

Secara mekanisme peserta harus menyertakan surat keterangan dari parpol selama 5 tahun tidak di partai.

“Sejauh ini semua memenuhi kuota, meski beberapa daerah tidak memenuhi kuota tapi langsung dilakukan perpanjangan waktu (pendaftaran), akhirnya terpenuhi,” imbuhnya.

Kendala lainnya, seperti cuaca di beberapa pedalaman. Selain jaraknya jauh, cuaca juga menjadi kendala, meski sudah diagendakan, karena cuaca maupun ada kendala mesin pesawat, akhirnya mundur. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik