Politik

KPU Bulungan Buka Kotak Suara

Kotak suara Pemilu 2019 dibuka KPU Bulungan untuk pengambilan DPK, Kamis (4/7/2019). (Foto: Fathu Rizqil Mufid)
  • Terkait DPK untuk Pemutakhiran Pemilih Berkelanjutan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan melaksanakan pembukaan kotak suara pada Kamis (4/7/2019). Pembukaan tersebut terkait dengan pengambilan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pemilu 2019, yang berada di Dome Center.

Proses pembukaan kotak suara disaksikan oleh para perwakilan partai politik (parpol), Bawaslu Bulungan dan pihak kepolisian,  termasuk dari KPU Provinsi Kaltara. Pembukaan kotak suara sesuai surat edaran KPU RI, perihal pemutakhiran pemilih berkelanjutan.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018, tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan pemilu dan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019, tentang Perubahan keempat atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2019. Maka, KPU provinsi, KPU kabupaten dan kota dapat mempersiapkan Daftar Pemilih Khusus (DPK), untuk diinput ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). DPK tersebut bersumber dari formulir model DPK-KPU.

“Jadi untuk teknisnya, kita konfirmasi ke PPK bahwa keberadaan formulir model DPK ada di kotak suara yang mana,” kata Komisioner KPU Bulungan Divisi Perencanaan dan Data, Mistang.

Adapun proses pembukaan kotak suara, dijadwalkan maksimal tiga hari, karena mengingat jumlah keseluruhan kotak suara sebanyak 463 kotak. Akan tetapi, tidak semua kotak suara dibuka karena ada kotak-kotak suara tertentu yang diarahkan untuk dibuka sesuai aturan.

“Jumlah kotak suara itu juga kita lakukan kroscek untuk mengambil formulir model A.DPK,” sebutnya.

Mistang menerangkan, pengambilan formulir model DPK untuk kepentingan data yang diinput ke dalam Sidalih. Khususnya data DPK dimana saat pemilihan, bahwa pemilih menggunakan KTP, maka KPU akan memasukkan data selanjutnya.

Apabila proses pembukaan kotak suara selesai dilakukan, maka selanjutnya dilaporkan ke KPU provinsi dan dimasukkan berita acara.

Pembukaan kotak suara untuk mengambil formulir model DPK, tak hanya oleh KPU Bulungan. Dua kabupaten yakni Nunukan dan Malinau telah melaksanakan hal serupa dan saat ini tengah proses pelaksanaan.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kaltara, Maimunah mengatakan, bahwa dalam membuka kotak suara tidak bisa jika hanya memakan waktu sehari. Meskipun, dalam surat edaran KPU RI tidak disebutkan batas akhir pembukaan kotak suara.

“Untuk Kota Tarakan dan KTT, masih belum melaksanakan,” ujarnya.

Kota Tarakan belum melaksanakan pembukaan kotak suara, karena menunggu penetapan kursi dan calon terpilih. Akan tetapi, penetapan tersebut urung terlaksana karena menunggu keputusan KPU RI. Untuk Tarakan, dia mengatakan, tidak terlalu sulit karena hanya ada 4 kecamatan.

Sementara di KTT belum melaksanakan pembukaan kotak suara karena jumlah tenaga kerja yang diperbantukan untuk KPU KTT sudah kembali ke dinas masing-masing. “Yang diperbantukan ada 14 orang, dengan status PNS. Jadi mereka harus kembali bekerja ke dinas terkait,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Didik Eri Sukianto